Pemberdayaan ibu rumah tangga dalam inovasi pengolahan potensi lokal jagung di Dusun Sentul Desa Dingil Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Listiana, Rika (2023) Pemberdayaan ibu rumah tangga dalam inovasi pengolahan potensi lokal jagung di Dusun Sentul Desa Dingil Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Listiana_04020220049.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rika Listiana_04020220049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penelitian tentang pendampingan pemberdayaan ibu rumah tangga di Dusun Sentul Desa Dingil Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban yang memiliki aset alam yang melimpah yakni jagung. Melimpahnya jagung ini disebabkan harga jualnya yang rendah membuat masyarakat berfikir ulang untuk menjualnya, selama ini jagung hanya dijual mentah dengan harga jual yang rendah dan dikonsumsi pribadi. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat perlu adanya sebuah inovasi yang baru dari hasil panen jagung, dengan adanya inovasi pengolahan potensi lokal jagung ini bisa meningkatkan harga jual, keterampilan dan kekreatifan ibu rumah tangga di Dusun Sentul. Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan menggunakan lima tahapan yakni 5-D yaitu menemukan potensi dan aset (Discovery), membangun mimpi (Dream), merencanakan dan menyusun strategi program untuk mewujudkan mimpi tersebut (Design), melakukan aksi partisipatif dan merancang strategi program (Define), yang terakhir melakukan monitoring dan evaluasi (Destiny). Hasil dari pendampingan yang dilakukan melalui adanya kegiatan pemberdayaan ekonomi petani di Dusun Sentul ini, menghasilkan sebuah produk yakni tepung maizena dan es jagung hawai. dan juga dibentuk kelompok usaha ST beranggotakan kelompok ibu rumah tangga untuk menginovasi, mengolah dan memasarkan jagung menjadi tepung maizena dan es jagung hawai. Aksi pelatihan inovasi pengolahan jagung menjadi tepung maizena dan es jagung hawai ini berdampak pada kemandirian ekonomi petani dan melatih skill yang dimiliki oleh ibu rumah tangga untuk bisa menghasilkan suatu produk yang bernilai jual tinggi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Listiana, Rikarikalistia0102@gmail.com04020220049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan; ekonomi petani; inovasi pengolahan pasca panen; jagung
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rika Listiana
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:07
Last Modified: 02 Feb 2024 09:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68004

Actions (login required)

View Item View Item