Musik dalam Alquran: analisis komparatif terhadap term lahwa al-hadith dalam tafsir al Sha’rawi dan tafsir al Sabuni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumala, Salisa Wardah (2024) Musik dalam Alquran: analisis komparatif terhadap term lahwa al-hadith dalam tafsir al Sha’rawi dan tafsir al Sabuni. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salisa Wardah Kumala_07020320075 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Salisa Wardah Kumala_07020320075 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga tua sehingga sulit untuk memisahkan musik dari kehidupan manusia. Beberapa waktu ini polemik terkait musik dengan isu keharamannya menjadi perbincangan di ruang publik, seperti kasus yang diberitakan oleh stasiun TVOne news tentang para santri yang menutup telinga mereka secara bersama-sama ketika ada alunan musik, kemudian surah Luqman ayat 6, ayat ini banyak dipilih oleh para ulama fiqih untuk dijadikan sebagai dalil keharaman musik dengan dalih ayat ini menjelaskan potensi-potensi yang ditimbulkan akibat musik yang menjadikan manusia lalai dari menjalankan kewajiban kepada Allah sehingga pada akhirnya membuat manusia larut dalam siksaan yang menghinakan. Oleh karena itu, penelitian ini membahas musik yang terkandung pada term lahwa al-h}adi>th dalam Surah Luqman ayat 6. Ayat ini mampu mewakili ayat-ayat lain yang berkaitan dengan masalah tersebut. Dengan menggunakan metode komparasi/ muqaran, penelitian ini akan menjawab rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana penafsiran al-Sha’rawi mengenai makna lahwa al-h}adith dalam surah Luqman ayat 6? 2. Bagaimana penafsiran al-Sabuni mengenai makna lahwa al-hadith dalam surah Luqman ayat 6? 3. Bagaimana persamaan dan perbedaan penafsiran al-Sha’rawi dan al Sabuni terhadap makna lahwa al-hadith dalam surah Luqman ayat 6?.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan data kepustakaan sebagai tumpuannya, dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi, mengkaji data sesuai tema penelitian, dan dalam menganalisa data menggunakan metode deskriptif-analitis berupa gambaran umum dan pemaparan data-data yang diperoleh dari kepustakaan. Adapun teori penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tafsir muqaran (perbandingan), yaitu membandingkan penafsiran antara dua mufasir serta mencari persamaan dan perbedaan dari kedua penafsiran dan metodenya dalam menjelaskan sebuah ayat. Hasil dari penelitian ini ditemukan persamaan dan perbedaan terkait term lahwa al-hadith dalam surah Luqman ayat 6. Kedua mufasir ini sama-sama memaknai term tersebut dengan musik dan dijelaskan juga terkait ketentuan mengenai kebolehan dan larangan musik dalam batasan-batasan tertentu. Al-Sha’rawi menjelaskan lebih kompleks dan detail mengenai lahwa al-h}adi>th tidak terbatas pada musik/nyanyian dan ucapan saja, namun juga mencakup tindakan yang melalaikan seseorang dari kewajiban pada Allah, seperti industri, pertanian, dll. Sedangkan dalam tafsir Safwah al Tafasir Muhammad ‘Ali al Sabuni, menjelaskan lahwa al-hadith dalam makna yang lebih sempit, yaitu hiburan adalah setiap kebatilan yang mengalihkan perhatian dari kebaikan, seperti menuruti mitos, membicarakan mitos-mitos yang menggelikan, dan ucapan-ucapan yang berlebihan dan yang tidak pantas yaitu nyanyian dan mazmur yang melalaikan manusia dari jalan petunjuk dan menjauhkan manusia dari jalan agama yang benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumala, Salisa Wardahsalisakumala7@gmail.com07020320075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, IffahIffahmuzammil@uinsby.ac.id2013076902
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Fatwa
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Musik
Keywords: Musik; lahwa al-hadith; al Sha‘rawi; al Sabuni
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: salisa wardah kumala
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:58
Last Modified: 13 Feb 2024 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68006

Actions (login required)

View Item View Item