تحليل الكفاءة المهنية و التربوية لمعلم اللغة العربية في تعليم القراءة بمدرسة محمدية الثانوية 5 كارا نجنغ لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafiroh, Lu'luk Ul (2024) تحليل الكفاءة المهنية و التربوية لمعلم اللغة العربية في تعليم القراءة بمدرسة محمدية الثانوية 5 كارا نجنغ لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lu'luk Ul Wafiroh_D92217027 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lu'luk Ul Wafiroh_D92217027 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Qira’ah adalah suatu pembelajaran yang mencakup segala bentuk berpikir, memberikan evaluasi, mengambil keputusan, menganalisis, dan mencari solusi suatu permasalahan. Di SMA Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan peneliti menemukan bahwa siswa kurang bisa dalam melafalkan dan teks bacaan bahasa arab. Hal itu dikarenakan kurangnya bahan ajar, latar belakang siswa serta kurang minatnya siswa karena pelajaran bahasa arab hanyalah muatan lokal saja. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk menganalisis kompetensi profesional guru dalam pembelajaran Qira’ah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan . 2) untuk mennganalisis kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Qira’ah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan .Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI dengan total 33 siswa. Adapun hasil analis penelitian ini terdapat lima poin : 1. Penguasaan Bahan Ajar beserta konsep-konsep keilmuaanya. Dalam hal ini masih kurang sempurna. Penguasaan materi telah dikuasai akan tetapi hanya kurang sempurna karena bahan ajar hanya ada satu buku bahan ajar saja dan tidak ada variasi bahan ajar yang lain. 2. Pengelolaan program belajar mengajar. Dalam hal ini telah cukup baik. Guru mampu memberikan metode dalam mengajar pun jelas dan mudah dipahami oleh siswa. 3. Pengelolaan kelas. Dalam hal ini juga telah cukup baik. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara memberikan muqoddimah yang menarik. Hingga tercipatanya pengelolaan kelas yang kondusif. 4. Penggunaan media dan sumber pembelajaran. Dalam hal ini masih cukup baik walaupun masih ada yang kurang. Hal yang kurang terletak pada media dan sumber pembelajaran. 5. Adapun faktor penghambat : perbedaan latar belakang siswa, pelajaran bahasa Arab hanya sebagai konten lokal, siswa acak. Faktor pendorong: strategi guru untuk mengaktifkan suasana di dalam kelas. Ketika guru dapat mengatasi faktor penghambat dan mampu melakukan faktor-faktor yang mampu mendorong pembelajaran, maka akan lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafiroh, Lu'luk Ullulukwafiroh29@gmail.comD92217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihah---
Thesis advisorSyafii, SyafiiSyafii@uinsby.ac.id2018107002
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kompetensi Profesional dan Pedagogik; Guru; Pembelajaran Qira’ah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lu'luk Ul Wafiroh
Date Deposited: 31 Jan 2024 13:42
Last Modified: 31 Jan 2024 13:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68008

Actions (login required)

View Item View Item