Anak korban Human Trafficking melalui Aplikasi “MiChat” Perspektif Viktimologi dan Fiqh Jinayāh: di Kepolisian Resor Kota Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliffia, Deby Aura (2023) Anak korban Human Trafficking melalui Aplikasi “MiChat” Perspektif Viktimologi dan Fiqh Jinayāh: di Kepolisian Resor Kota Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deby Aura Aliffia_05010320005 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Deby Aura Aliffia_05010320005 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Human trafficking adalah praktek ilegal yang melibatkan eksploitasi individu, termasuk anak-anak, untuk tujuan komersial. Human trafficking merupakan tindakan yang merugikan anak-anak yang rentan secara fisik, mental, dan sosial. Penggunaan aplikasi seperti MiChat memperparah masalah ini dengan memungkinkan pelaku untuk mencari dan menjual korban. Anak perempuan, karena kelemahan fisik dan lingkungan keluarga yang rentan, menjadi target utama. Mereka terbatas dalam memilih pekerjaan dan mudah diperdaya serta dikendalikan dalam situasi tersebut. Penelitian ini menjawab pertanyaan yang diformulasikan dalam dua rumusan masalah: bagaimana anak korban human trafficking melalui aplikasi MiChat, serta analisis dari perspektif viktimologi dan fiqh jinayāh dengan studi kasus di Kepolisian Resor Kota Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pendekatan field research, yakni penelitian yang dilakukan secara sistematis mengangkat data-data yang terdapat di lapangan. Penulis melakukan penelitian lapangan di Kepolisian Resor Kota Sidoarjo. Sumber yang dikumpulkan adalah data hasil observasi dan wawancara dengan narasumber yang menjadi sumber hukum primer. Penelitian ini bersifat deskriptif, dimana tujuannya adalah untuk menggambarkan hubungan antara fakta yang ada dengan permasalahan yang dibahas. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan secara sistematis, dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan pola berpikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan kompleksitas yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Rentannya anak-anak terhadap janji keuntungan finansial dan masalah mental serta emosional membuat mereka rentan menjadi korban. Perlindungan, perawatan, dan pendidikan bagi korban menjadi sangat penting untuk mencegah terulangnya kasus serupa. Selain itu, perspektif hukum Islam menegaskan bahwa anak korban human trafficking yang dieksploitasi seksual melalui aplikasi MiChat di Sidoarjo bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam, termasuk perlindungan anak yang dianggap sebagai anugerah yang harus dijaga. Dalam Islam, pentingnya melindungi anak sebagai korban kejahatan menjadi prioritas, dan upaya Polresta Sidoarjo sesuai dengan prinsip keadilan dan kemaslahatan umat, serta menjaga hak-hak anak sebagai bagian integral dalam memelihara keturunan yang baik. Dari penjelasan sebelumnya, terdapat sejumlah rekomendasi untuk mengurangi kasus ini. Pertama, korban perlu lebih waspada dalam interaksi sosial dan meningkatkan pengetahuan untuk menghindari menjadi korban lagi. Kedua, Pemerintah Sidoarjo harus menangani prostitusi secara tegas karena keterkaitannya dengan eksploitasi seksual anak. Ketiga, masyarakat perlu terlibat aktif dengan memberikan dukungan moral kepada korban, melaporkan aktivitas mencurigakan, dan meningkatkan kesadaran akan risiko yang mungkin terjadi, terutama dalam penggunaan aplikasi dengan aman. Kolaborasi ini diharapkan mampu mencegah terjadinya kasus serupa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliffia, Deby Auradbyau28@gmail.com05010320005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, Nurlailatulshafaadesign@yahoo.com2006047901
Subjects: Anak
Fikih > Fikih Jinayah
Kenakalan Anak dan Remaja
Anak > Kepribadian
Keywords: Human trafficking; MiChat; Anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Deby Aura Aliffia
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:24
Last Modified: 30 Jan 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68011

Actions (login required)

View Item View Item