Konseling Islam dengan terapi Sayyidul Istighfar untuk mengatasi kecemasan akademik pada seorang mahasiswa tingkat akhir di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meilinda, Mita (2024) Konseling Islam dengan terapi Sayyidul Istighfar untuk mengatasi kecemasan akademik pada seorang mahasiswa tingkat akhir di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mita Meilinda_04020320042 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Mita Meilinda_04020320042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat oleh peneliti dalam penelitian ini adalah kecemasan akademik pada seorang mahasiswa tingkat akhir di Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini, konselor menggunakan konseling Islam yaitu terapi sayyidul istighfar untuk mengatasi kecemasan akademik pada konseli. Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil konseling Islam dengan Terapi Sayyidul Istighfar untuk mengatasi kecemasan akademik pada seorang mahasiswa tingkat akhir di Kabupaten Sidoarjo. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik analisa data dalam penelitian ini ialah deskriptif komparatif, yaitu membandingkan keadaan konseli sebelum proses konseling dan sesudahnya proses konseling. Proses konseling di lakukan dengan tahap identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment atau terapi, dan evaluasi. Adapun temuan selama proses konseling ini yaitu ditemukannya perilaku negatif yang dimunculkan konseli sebagai akibat kecemasan akademik yang dialaminya, perilaku negatif ini meliputi perasaan sensitif yang membuat konseli menjadi mudah marah, mudah tersinggung, dan mudah risih dengan orang lain, gelisah, serta overthinking yang mengakibatkan konseli mengalami insomnia. Setelah pemberian terapi dalam proses konseling, terdapat beberapa perubahan yang dialami konseli, meliputi konseli mampu mengendalikan dan mengekspresikan emosinya secara positif, konseli tidak lagi mudah berpikiran negatif karena memperbanyak huznudzon kepada Allah dan sesama, serta konseli mampu mengurangi overthinkingnya sehingga ia tidak lagi mengalami kesulitan tidur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meilinda, Mitamitameilinda12@gmail.com04020320042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; terapi Sayyidul Istighfar; kecemasan akademik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: MITA MEILINDA .M
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:01
Last Modified: 05 Feb 2024 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68026

Actions (login required)

View Item View Item