Pengaruh insentif pajak, kualitas audit, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance: studi empiris perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choirunnisa, Nandha Putri (2024) Pengaruh insentif pajak, kualitas audit, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance: studi empiris perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nandha Putri Choirunnisa_08040220128 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nandha Putri Choirunnisa_08040220128 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Seringkali manajemen perusahaan berupaya untuk memaksimalkan laba yang diperoleh dengan memanfaatkan celah peraturan salah satunya dengan meminimalkan beban pajak atau yang disebut dengan tax avoidance. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh insentif pajak, kualitas audit, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan, terhadap tax avoidance pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 data yang diperoleh dengan teknik pusposive sampling. Penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan model FEM pada software EViews 12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa insentif pajak tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, kualitas audit berpengaruh negatif terhadap tax avoidance, profitabilitas berpengaruh negatif terhadap tax avoidance, leverage berpengaruh positif terhadap tax avoidance, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Penelitian ini memberikan saran kepada penelitian selanjutnya agar menggunakan variabel lain serta sektor perusahaan lain sebagai objek penelitian. Bagi pemerintah diharapkan agar lebih bijak lagi dalam membuat peraturan serta lebih efektif dalam menjalankan setiap kebijakan yang dibuat. Sehingga tidak ada celah yang dapat dimanfaatkan untuk perusahaan melakukan kecurangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choirunnisa, Nandha Putrinandhaputri176@gmail.com08040220128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Manajemen Strategi
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Insentif pajak; kualitas audit; leverage; profitabilitas; ukuran perusahaan; tax avoidance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Nandha Putri Choirunnisa
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:02
Last Modified: 01 Feb 2024 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68030

Actions (login required)

View Item View Item