شخصية الأشخاص في رواية "رحلة إلى الله" لنجيب الكيلاني : دراسة سيكولوجية أدبية - Kepribadian tokoh-tokoh dalam novel Rihlah Ila Allah karya Najib Al Kaylani: kajian psikologi sastra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arwani, Achmad Baihaqi (2024) شخصية الأشخاص في رواية "رحلة إلى الله" لنجيب الكيلاني : دراسة سيكولوجية أدبية - Kepribadian tokoh-tokoh dalam novel Rihlah Ila Allah karya Najib Al Kaylani: kajian psikologi sastra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Baihaqi Arwani_A91219071 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Achmad Baihaqi Arwani_A91219071 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Psikologi sastra adalah bidang interdisipliner ilmu sastra dengan ilmu-ilmu psikologi. dalam penelitian ini mengambil objek salah satu novel karya Najib Kailani yaitu rihlah ila Allah, yang menceritakan tentang peristiwa politik yang terjadi di Mesir pada awal tujuh puluh abad kedua puluh, dan pelecehan-pelecehan yang di alami oleh masyarakat Mesir khusus para ikwanul muslimin dalam bentuk penyiksaan pelecehan dan kerasnya menghadapi hari-hari di penjara. Dengan latar belakang ketidak adilan yang di dapatkan oleh masyarakat khususnya Ikhwanul Muslimin. Peneliti tertarik untuk menganalisis mengetahui kejiwaan (kepribadian) yang dimiliki oleh para tokoh yang terdapat dalam novel tersebut dengan menggunakan teori kepribadian dari Sigmund Freud yang dibagi menjadi 3 yaitu Id, Ego, Superego. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berfokus pada 1. berapa tokoh-tokoh yang terdapat pada novel rihlah ilallah? 2. Bagaimana kepribadian tokoh-tokoh tersebut menurut teori Sigmund Freud? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepribadian tokoh-tokoh yang terdapat pada novel rihlatu ilallah menurut teori Sigmund Freud Adapun Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah 1. Terdapat 15 tokoh yang terdapat dalam novel yaitu; atwa, Nabilah, Mahmud saqr, Abdul Hamid, Abdullah yah Nabilah, Zakiyah ibu Nabilah, rizq Ibrahim, Salwa, Yusuf, ma’ruf, dokter Hamid, dokter salim, dokter penjara, Wafa, quuri. 2. Hampir keseluruhan dari para tokoh memiliki kepribadian ego dan superego dan hanya beberapa dari para tokoh yang memiliki kepribadian id.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arwani, Achmad Baihaqihaqi.aba@gmail.comA91219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbid, Abdullohhaqi.aba@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Psikologi sastra; Sigmund Freud ; Najib Al Kaylani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Achmad Baihaqi Arwani
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:19
Last Modified: 30 Jan 2024 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68034

Actions (login required)

View Item View Item