تحليل كفاءة المدرس في تطوير وحدات التدريس اللغة العربية في المنهج المستقل في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثانية سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosadi, Fani Nirmala (2024) تحليل كفاءة المدرس في تطوير وحدات التدريس اللغة العربية في المنهج المستقل في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثانية سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fani Nirmala Rosadi_D72219034 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (7MB)
[img] Text
Fani Nirmala Rosadi_D72219034.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hasil Analisis Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Modul Ajar Bahasa Arab Kurikulum Merdeka di MTsN 2 Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan guru dalam menyusun dan mengembangkan modul ajar Bahasa arab kurikulum merdeka di MTsN 2 Sidoarjo. 2) Mengetahui modul ajar yang disusun oleh guru Bahasa Arab di MTsN 2 Sidoarjo. 3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru Bahasa Arab di MTsN 2 Sidoarjo dalam menyusun dan mengembangkan modul ajar. Dan upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dan sekunder melibatkan tiga orang guru, satu orang Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan satu orang Kepala Madrasah. Pemilihan sumber data menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria guru Bahasa arab yang sudah pernah menyusun dan mengimplementasikan Modul Ajar kurikulum merdeka. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi sumber yang digunakan yaitu terkait kepada tiga guru, satu Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan satu kepala madrasah serta dokumen-dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Guru Bahasa Arab di MTsN 2 Sidoarjo mampu menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka dengan cara ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dengan Modul ajar yang disediakan oleh pemerintah. 2) Modul ajar yang disusun oleh guru Bahasa Arab hampir sempurna. Ada satu atau dua komponen yang kurang. Semua itu kembali pada kebutuhan guru dan siswa. 3) guru tidak mengalami kendala dalam penyusunan modul ajar. Guru Bahasa Arab terkendala pada penerapan modul ajar dengan pembelajaran Bahasa Arab. karena bahasa arab sendiri merupakan bahasa yang dilihat oleh anak-anak ada yang sudah menguasainya karena mempelajarinya sejak SD dan ada juga yang sudah menguasainya. mengulang materi dari dasar terlebih dahulu, karena mereka belum pernah belajar bahasa arab sebelumnya. Hal ini bisa mengurangi minat belajar, sehingga sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru yakni dengan menjelaskan kembali materi yang masih ada yang belum dipahami oleh siswa di akhir habisnya materi, dengan memberi pengayaan pada siswa yang pemahamannya tinggi, memberi uji kompetensi bagi siswa yang standar dan bimbingan serta arahan materi bagi siswa yang masih bingung dengan materi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosadi, Fani Nirmalaphilielphanny14@gmail.comD72219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhibullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Bahasa Arab
Contextual Teaching and Learning
Guru
Keywords: Kompetensi guru; modul ajar; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fani Nirmala Rosadi
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:29
Last Modified: 01 Feb 2024 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68036

Actions (login required)

View Item View Item