Penerapan diagram kendali MEWMV dan MEWMA pada pengendalian kualitas produksi air bersih di PT PP Krakatau Tirta Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Fery (2023) Penerapan diagram kendali MEWMV dan MEWMA pada pengendalian kualitas produksi air bersih di PT PP Krakatau Tirta Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fery Firmansyah_09020220030 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fery Firmansyah_09020220030 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Air merupakan suatu elemen yang paling penting dengan kehidupan manusia. Kebersihan air dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Proses pengolahan air pada perusahaan yang memproduksi air di Kabupaten Gresik sangat memerlukan perhatian yang intensif dalam hal proses produksinya. PT PP (Pembangunan Perumahan) Krakatau Tirta adalah perusahaan di Kabupaten Gresik yang bergerak di bidang pengolahan air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses dan mendapatkan hasil kapabilitas proses pengendalian kualitas produksi air bersih di PT PP Krakatau Tirta Gresik, dengan menggunakan data yang dihasilkan dari pengujian laboratorium dan akan diambil beberapa variabel penting seperti pH, Besi Terlarut, dan Zat Padat Terlarut. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yakni metode diagram kendali Multivariate Exponentially Weighted Moving Variance dan Multivariate Exponentially Weighted Moving Average. Hasil yang didapat yakni pada diagram kendali MEWMV variabilitas terkendali secara statistik dengan pembot optimum λ sebesar 0,4 dan pembobot optimum ω sebesar 0,4, sedangkan untuk diagram kendali MEWMA mean proses terkendali secara statistik setelah 2 kali penghilangan data out of control dengan pembobot optimal pada 0,9. Hasil kapabilitas menunjukkan proses produksi PT PP Krakatau Tirta Gresik adalah baik, yang berarti kualitas air di PT PP Krakatau Tirta Gresik aman dan terkendali untuk dikonsumsi oleh pelanggan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Feryfirmansyahq64@gmail.com09020220030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorKhaulasari, Hanihani.khaulasari@uinsby.ac.id0709029102
Subjects: Kebersihan
Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Diagram kendali; MEWMV; MEWMA; Kapabilitas Proses (Cp)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: FERY FIRMANSYAH
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:03
Last Modified: 31 Jan 2024 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68039

Actions (login required)

View Item View Item