Diskriminasi ras dalam film Ip Man: the finale (perspektif Humanisme Islam Buya Hamka)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adijaya, Mochamad Maulana Dimas (2024) Diskriminasi ras dalam film Ip Man: the finale (perspektif Humanisme Islam Buya Hamka). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Maulana Dimas Adijaya_01219023 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mochamad Maulana Dimas Adijaya_01219023 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Rasisme merupakan masalah universal yang biasanya dipengaruhi beberapa faktor seperti sosial, politik, sejarah dan ekonomi. Sejak dahulu kejadian rasis seringkali terjadi bahkan banyak di sekitar kehidupan ini karena perbedaan mulai dari warna kulit, suku, agama, sampai ras dan budaya. Karena banyaknya terjadi insiden tesebut menimbulkan peristiwa-peritiwa yang mengarah pada diskriminasi. Diskriminasi adalah keyakinan bahwa suatu karakter ras yang membedakan atau kemampuan manusia, dan beberapa keturunannya lebih unggul. Kemudian diskriminasi juga didefinisikan sebagai prasangka berdasarkan ras. Rumusan yang akan dibahas pada enelitian ini bagaimana diskriminasi ras yang terjadi pada film Ip Man 4: The Finale dan Bagaimana analisis tentang diskriminasi ras yang terjadi pada film Ip Man 4: The Finale melalui perspektif humanisme islam. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang bagaimana diskriminasi ras dalam film Ip Man 4: The Finale Perspektif Humanisme Islam Buya Hamka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk penyelidikannya .Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang didasarkan pada filosofi humanisme Islam Buya Hamka. Fakta bahwa data untuk penelitian ini adalah kata-kata dan gambar dari sebuah film membuatnya deskriptif. Metode analisis ini akan digunakan untuk mengkaji signifikansi adegan-adegan dari Ip Man: the Finale yang menggambarkan Diskriminasi ras. Sebuah tabel yang merangkum pemeriksaan ketidaksetaraan ras di Ip Man 4: the Finale disediakan. Dalam bentuk tangkapan layar yang menggambarkan keseluruhan film dan disertai dengan komentar, penelitian ini menawarkan beberapa bukti dari diskriminasi rasial.Penelitian ini menawarkan beberapa bukti dari diskriminasi rasial. Pertama Buya Hamka bertindak berdasarkan teks (al-Quran dan hadits) Dia tidak hanya memahami pedoman tersebut secara literer, tetapi juga mengaitkannya dengan situasi sosial di sekitarnya. Kedua, Hamka menggunakan alasan religius. Menanamkan nilai-nilai spiritualitas manusia di hati mereka adalah tujuan religius. Humanisme model Hamka juga dikenal sebagai humanisme integral atau humanisme filosofis, Humanisme tersebut dibentuk oleh dua poin yang telah disebutkan di atas (literer dan religius). Humanisme ini menyatukan nilai-nilai literatur dan agama. Nilai-nilai kedua poin ini tidak dapat digunakan secara terpisah sebaliknya, nilai-nilai mereka harus digabungkan menjadi satu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adijaya, Mochamad Maulana Dimaskenshin9600@gmail.comE01219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: rasisme; diskriminasi ras; humanisme islam; Buya Hamka
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mochamad Maulana Dimas Adijaya
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:56
Last Modified: 02 Feb 2024 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68044

Actions (login required)

View Item View Item