Sikap Ikhlas dan Self Awareness petugas dalam melayani Penumpang Suroboyo Bus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryaningsih, Lilis (2024) Sikap Ikhlas dan Self Awareness petugas dalam melayani Penumpang Suroboyo Bus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilis Suryaningsih_07040620076 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lilis Suryaningsih_07040620076 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan dan hambatan dalam pelayanan operasional Suroboyo Bus, terutama mengingat beragamnya penumpang dari berbagai latar belakang suku, budaya, dan bangsa. Sikap ikhlas karyawan dianggap sebagai kunci dalam mengatasi gejolak tersebut. Fokus penelitian ini adalah pada peran Self Awareness (kesadaran diri) karyawan dalam mengembangkan sikap ikhlas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi. Analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ikhlas petugas dalam melayani penumpang Suroboyo Bus adalah telah menerapkan dimensi sikap ikhlas, motif transendental telah berusaha untuk terus diterapkan di pelayanan Suroboyo Bus, hal ini bentuk implementasi yang dilakukan ialah rasa tanggung jawab yang dilakukan oleh para petugas bus. Pengendalian emosi yang ada di Suroboyo Bus masih berlatih hingga sekarang, Hal ini terbukti bahwa terdapat kode etik yang ada di SOP pelayanan Suroboyo Bus bahwa harus sabar dalam menghadapi disabilitas. Terkait superiority feeling pihak petugas Suroboyo Bus tidak pernah merasa lebih hebat dari yang lain. Semua memiliki posisi yang berbeda-beda namun masih saling menghargai. Terakhir terkait konsep diri sebagai hamba tuhan merupakan bentuk menyadari sebuah kesalahan. Hal ini pihak petugas pastinya melakukan sebuah evaluasi diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Self Awareness Petugas Dalam Melayani Penumpang Suroboyo Bus adalah telah memiliki sebuah kemampuan untuk mengenali dan memahami perasaan serta perilaku pribadi meski terkadang tidak selalu benar sikap yang dimiliki. Pelaksanaan identifikasi kekurangan dan kelebihan pribadi pastinya menjadi suatu bahan evaluasi. Bersikap mandiri menjadi salah satu bentuk tanggungjawab diri sendiri terhadap suatu amanah yang telah diterapkan. Pada pengambilan keputusan tergantung sejauhmana peran yang dilibatkan pada permasalahan yang dihadapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryaningsih, Lilisliliss2451@gmail.com07040620076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsa.ac.id2012067403
Subjects: Akhlak
Layanan
Psikologi Sosial
Tasawuf
Keywords: Sikap Ikhlas; Self Awareness; Pelayanan Publik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lilis Suryaningsih
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:24
Last Modified: 26 Feb 2024 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68047

Actions (login required)

View Item View Item