Representasi bullying dalam film "Kenapa Gue?": analisis semiotika model roland barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuniar, Amabel (2023) Representasi bullying dalam film "Kenapa Gue?": analisis semiotika model roland barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amabel Yuniar_B95219086 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Amabel Yuniar_B95219086 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Problematika bullying merupakan salah satu problematika yang sering terdengar di masyarakat. Fenomena perundungan ini sering kita temui di berbagai lingkungan sosial, baik di lingkungan rumah, kantor, lingkungan pertemanan, sekolah, serta lingkungan sosial lainnya. Tindakan perundungan ini menjadi fenomena yang menjadi inspirasi untuk tema pembuatan film. Dalam film Kenapa Gue? terdapat berbagai adegan yang mempresentasikan tindakan bullying, sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui dan mendiskripsikan representasi bullying dalam film Kenapa Gue?. Penelitian ini membahas tentang bagaimanakah representasi bullying dalam film “Kenapa Gue?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan representasi bullying dalam film “Kenapa Gue?”. Penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis teks media dengan pendekatan kritis kemudian penelitian tersebut dianalisis menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini ialah Representasi bullying dalam film Kenapa Gue? menggambarkan mengenai fenomena bullying yang terjadi pada lingkungan pertemanan dan lingkungan pendidikan, fenomena bullying dalam film Kenapa Gue? pun dilakukan secara kekerasan fisik, verbal, maupun cyberbullying. Perilaku bullying ini kemungkinan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti kondisi keluarga, kondisi lingkungan sosial, kondisi teman seperkumpulan dan lain sebagainya. Penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya dan khalayak umum agar penelitian ini dapat lebih berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuniar, Amabelamabelynr@gmail.comB95219086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Representasi; Bullying; Perundungan; Film.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Amabel Yuniar
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:22
Last Modified: 01 Feb 2024 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68048

Actions (login required)

View Item View Item