Teknik reinforcement positif dalam prespektif islam untuk perilaku negatif remaja dengan luka batin di desa Lawangan Daya, Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardana, Reanita Putri (2024) Teknik reinforcement positif dalam prespektif islam untuk perilaku negatif remaja dengan luka batin di desa Lawangan Daya, Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reanita Putri Ardana_04020320055.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Reanita Putri Ardana_04020320055_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah perilaku negatif kepada orang tua. Tentunya terdapat beberapa komponen yang akan diteliti, yaitu intensitas keparahan perilaku negatif dan macam-macam perilaku negatif yang tampak pada konseli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksperimental dengan pendekatan single subject research ( SSR ) dan jenis penelitian A – B – A, dimana penelitian ini berfokus pada perubahan perilaku konseli. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui observasi dan pemberian intervensi, konseli menunjukkan perilaku yang dapat dikatakan parah, dimana dari 20 indikator yang disediakan konselor, konseli memenuhi sebanyak 19 indikator perilaku negatif. Kemudian dipilih 2 perilaku yang paling sering muncul untuk diberikan intervensi yaitu perilaku meninggalkan sholat 5 waktu dan perilaku mengumpat kepada orang tua. Karena konseli dalam penelitian ini adalah perempuan, maka dari itu diperlukan adanya intervensi dengan teknik penguatan positif melalui prespektif Islam. Penelitian ini dikatakan berhasil, karena setelah pengapliaksian teknik reinforcement dalam prespektif Islam, konseli menujukkan adanya perubahan perilaku yang signifikan dari fase baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Berdasarkan hasil analisis visual antar kondisi, dapat disimpulkan bahwa hasil persentase overlap diperoleh 0% yang menandakan semakin kecil persentase overlap maka pengaruh intervensi terhaadap target perilaku semakin baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan positif dalam prespektif Islam berpengaruh untuk perilaku negatif remaja dengan luka batin di desa Lawangan Daya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardana, Reanita Putrireaniitaputri@gmail.com04020320055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd-2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Teknik reinforcement positif; prespektif islam; luka batin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Reanita Putri Ardana
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:26
Last Modified: 21 Feb 2024 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68063

Actions (login required)

View Item View Item