Aurat perempuan dalam perspektif syahrur: kajian teori batas minimal dan batas maksimal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Martiah, Martiah (2024) Aurat perempuan dalam perspektif syahrur: kajian teori batas minimal dan batas maksimal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Martiah_E93217114 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (22MB)
[img] Text
Martiah_E93217114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian adalah: pertama, bagaimana penafsiran Shahrur terhadap ayat-ayat tentang aurat. Kedua, bagaiamana batas minimal dan batas maksimal aurat perempuan dalam perspektif Shahrur. Penelitian ini menjelaskan pemikian Muhammad Shahrur tentang aurat perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif analitik yang bertujuan untuk mengenalisis dan menjelaskan terkait tentang batas aurat perempuan dalam perspektif Shahrur dengan jenis peneitian kepustakaan yang diperoleh dari dokumen atau data-data kepustakaan sebagai sumber penelitian yang valid. Penelitian ini juga didukung dengan pendekatan linguistik, yang mencakup hubungan tata bahasa yang disesuaikan dengan teks bahasa Arab yang sedang diteliti, sambil menjelejahi makna khusus dari bahasa tersebut. Hasil dari penelitian ini bahwa Shahrur meyakini hukum-hukum dalam al-Quran bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan konteks zaman dan tempat. Dalam pandangan Shahrur, tubuh perempuan dibagi menjadi dua bagian: pertama, bagian yang terbuka secara alami, seperti kepala, perut, punggung, dua kaki, dan kedua tangan, sesuai dengan surat al-Nur ayat 31. Kedua, bagian tubuh yang tidak terlihat secara alami dan disembunyikan oleh Allah, seperti perhiasan tesembunyi dalam tubuh perempuan. Bagian yang tersembunyi disebut al-Juyub. Rinciannya mencakup bagian antara dua payudara, bagian bawah payudara, bagian bawah ketiak, kemaluan, dan pantat. Aurat perempuan yang wajib ditutupi hanyalah batas minimal (al-had al-adna) yang ditentukan Allah, dan juga al-had al-ala sebagai batas maksimal perempuan yang telah ditentukan Rasulullah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Martiah, Martiahenenkfaqoth45@gmail.comE93217114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholily, NaufalNaufalcholily@uinsby.ac.id2027048701
Subjects: Jilbab
Pemikiran
Wanita
Keywords: Aurat; teori batas; Muhammad Shahrur
Depositing User: Martiah Martiah
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:59
Last Modified: 06 Feb 2024 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68080

Actions (login required)

View Item View Item