“what is it" فعالية تطبيق وسيلة التعليم الصوتي السمعي البصري بلعبة لترقية مهارة الاستماع للطلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 4 كاديري

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Siti Nur (2024) “what is it" فعالية تطبيق وسيلة التعليم الصوتي السمعي البصري بلعبة لترقية مهارة الاستماع للطلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 4 كاديري. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Azizah_D92217034 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Siti Nur Azizah_D92217034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan kemampuan maharoh istima, yaitu kemampuan mendengar dan memahami suara dengan cermat, memiliki peran krusial dalam pembelajaran Bahasa asing dan komunikasi lintas budaya. Di era digital saat ini, media audio visual menjadi alat yang semakin relevan dalam upaya meningkatkan pemahaman suara dalam konteks bahasa Asing. Salah satu metode yang menarik adalah penggunaan permainan "What is it", yang dapat memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif penerapan media audio visual dengan permainan "What Is It" dalam meningkatkan kemampuan maharoh istima siswa kelas sebelas di MAN 4 Kediri. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental pra-eksperimen, One Group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data melibatkan observasi partisipatif, tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan uji t-Tidak Berpasangan (Paired Sample T-Test) setelah data diperoleh dari hasil tes pra dan tes pasca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio visual dengan permainan "What Is It" efektif dalam meningkatkan kemampuan maharoh istima siswa kelas XI "D" di MAN 4 Kediri. Hal ini diperkuat oleh peningkatan skor antara tes pra dan tes pasca. Data tidak terdistribusi secara normal karena nilai n adalah 30, nilai t0 adalah 1.06, dan nilai tt adalah 2.45, dengan t0 lebih kecil dari tt, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Siti NurD92217034@uinsby.ac.idD92217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Media audio visual; permainan whats is it; keterampilan mendengar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Nur Azizah
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:06
Last Modified: 04 Mar 2024 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68085

Actions (login required)

View Item View Item