Penerapan dzikir jamai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswi SMA Negeri I Kedamean Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Warohmah, Siti Nurvita Dina (2023) Penerapan dzikir jamai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswi SMA Negeri I Kedamean Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabya.

[img] Text
Siti Nurvita Dina Warohmah_E97219093 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Siti Nurvita Dina Warohmah_E97219093 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Penerapan Dzikir Jama’i dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswi SMA Negeri I Kedamean Gresik. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian kualitatif untuk menjawab rumusan masalah, pertama apa makna dan konsep dzikir jama’i dalam meningkatkan kecerdasan spiritual , kedua bagaimana penerapan dzikir jama’i dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswi SMA Negeri I Kedamean Gresik. Tujuan penelitian ini adalah, pertama untuk mengetahui makna dan konsep dzikir jama’i dalam meningkatkan kecerdasan spiritual, kedua untuk mengetahui penerapan dzikir jama’i dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswi SMA Negeri I Kedamean Gresik. Dalam penelitian peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang berdasarkan dengan pendekatan fenomenologi. Teknik analisis data dengan cara datang langsung ke lapangan (field research) untuk mengumpulkan informasi atau fakta-fakta yang terdapat di lapangan. Untuk hasil penelitian ini, penulis memnggunakan wawancara empat informan atau narasumber, observasi. Selain itu penulis menggunakan Teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan yang pertama, Melalui zikir, manusia diajak untuk menyadari hakekat dirinya dan hakekat relasinya dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Kepercayaan terhadap satu Tuhan Yang Esa memberikan kepada manusia, kekuatan, keteguhan hati, keberanian, kedamaian, ketenangan, ketentraman, kebahagiaan, kedamaian batin tanpa ada pertentangan serius dengan hati nurani sendiri. Bagi umat Islam ditemukannya kecerdasan spiritual setidak tidaknya mampu memperkaya khazanah berfikir dan memberikan motivasi untuk mengaktualitaskan ajaran Islam secara nyata, kedua peran majelis dzikir jama’i dalam meningkatkan kecerdasan spiritual adalah memfungsikan hati untuk lebih taat kepada Allah SWT. Salah satu dari fungsi berdzikir adalah bertujuan untuk membersihkan hati.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Melalui dzikir jama’i, manusia diajak untuk menyadari hakekat dirinya dan hakekat relasinya dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Kepercayaan terhadap satu Tuhan Yang Esa memberikan kepada manusia, kekuatan, keteguhan hati, keberanian, kedamaian, ketenangan, ketentraman, kebahagiaan, kedamaian batin tanpa ada pertentangan serius dengan hati nurani sendiri. Melalui kegiatan zikir, manusia dikembalikan pada posisi yang sebenarnya yang lemah tanpa daya. Allah satu-satunya yang mampu menolong dan memberi jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Warohmah, Siti Nurvita Dinaandina06.nd@gmail.comE97219093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiTasmuji@gmail.com19620927199
Subjects: Psikologi Islam
Psikoterapi
Tasawuf
Keywords: Dzikir; kecerdasan spiritual; spiritual quotient; dzikir jamai
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Nurvita Dina Warohmah
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:54
Last Modified: 01 Feb 2024 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68104

Actions (login required)

View Item View Item