Penerapan kajian Kitab Fathul Qorib dalam penguatan pemahaman fiqih di MTSS Roudlotul Muslimin Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Makrufah, Nurul Ilmiyah (2024) Penerapan kajian Kitab Fathul Qorib dalam penguatan pemahaman fiqih di MTSS Roudlotul Muslimin Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Ilmiyah Al Makrufah_06020120045 ok.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nurul Ilmiyah Al Makrufah_06020120045 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (5MB)

Abstract

Kajian kitab kuning berupa Fathul Qorib merupakan program muatan lokal di sekolah MTSS Roudlotul Muslimin Nganjuk, diadakan sekali pertemuan dalam setiap minggu nya, termasuk ke dalam kegiatan kurikuler atau wajib, tujuannya adalah menjadi ciri khas serta menciptakan generasi yang paham akan ajaran agama islam serta mampu memahami kitab kuno atau kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu (1) Perencanaan pembelajaran muatan lokal kajian kitab Fathul Qorib yang dilaksanakan di MTSS Roudlotul Muslimin. (2) Penerapan pembelajaran kitab Fathul Qorib sebagai muatan lokal di MTSS Roudlotul Muslimin. (3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran muatan lokal kajian kitab Fathul Qorib di MTSS Roudlotul Muslimin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul merupakan hasil dari observasi, wawancara dan juga dokumentasi melalui Teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam analisis data melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Perencanaan pembelajarn muatan lokal Kitab Fathul Qorib dirancang dengan pembuatan Prota, Prosem, Silabus, dan RPP terlebih dahulu agar pembelajaran dapat terlaksana dengan sistematis. (2) Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Kitab Fathul Qorib, terlebih dahulu dengan pembagian materi yang mana Bab Thaharah-Bab Muamalah (VII), Bab Muamalah-Bab Hudud (VII), Bab Jihad-Bab Umahatul Awlad (IX). Adapun metode yang dipakai ialah dengan Pendekatan Kontekstual dengan penggunaan Metode Ceramah, Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dengan Metode Diskusi dan metode Bandongan, Pendekatan Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) dengan Metode Tanya Jawab, Pembelajaran Berbasis Tindakan (Action Learning Model) Metode Demonstrasi. Beberapa bentuk evaluasi hasil pembelajaran yang digunakan ialah Ujian Tulis, Diskusi atau Pertanyaan Lisan, Presentasi, Hafalan. (3) Evaluasi pelaksanaan Pembelajaran muatan lokal Fiqih dengan kitab Fathul Qorib di MTSS Roudlotul Muslimin Nganjuk Meliputi: Context, Input, Process, Product, mendapatkan hasil yang bagus dan baik, artinya selama pelaksanaan Pembelajatan Muatan Lokal Kitab Fathul Qorib mendapatkan hasil manfaat dan tujuan yang jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Makrufah, Nurul Ilmiyahilmiyahma@gmail.com06020120045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com197309032006041001
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id198505112015031003
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Perencanaan; pelaksanaan; evaluasi; Fathul Qorib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Ilmiyah Al Makrufah
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:01
Last Modified: 02 Feb 2024 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68113

Actions (login required)

View Item View Item