Pengaruh promosi flash sale, cashback dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Perilaku Konsumen Muslim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Rinata Aulia (2024) Pengaruh promosi flash sale, cashback dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Perilaku Konsumen Muslim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rinata Aulia Puspitasari_08040420159 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Rinata Aulia Puspitasari_08040420159 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang sangat pesat menyebabkan munculnya banyak e-commerce di Indonesia, salah satunya yaitu Shopee. Keberhasilan Shopee dalam menjadi e-commerce dengan pengunjung tertinggi tidak terlepas dari adanya promosi yang menarik konsumen untuk melakukan transaksi. Sebagai konsumen muslim, dalam melakukan transaksi harus didasarkan pada syariat islam. Hal ini menimbulkan pertanyaan penting mengenai promosi apa saja yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen muslim dalam melakukan transaksi pada aplikasi Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi flash Sale, cashback dan gratis ongkos kirim terhadap perilaku konsumen muslim dalam melakukan transaksi pada aplikasi Shopee di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yang diperoleh dengan metode nonprobality sampling. Dalam mengolah dan menganalisis data, digunakan software SPSS versi 26 dengan melalui uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, variabel flash sale secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumen muslim. Kedua, variabel cashback secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumen muslim. Terakhir, variabel gratis ongkos kirim secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumen muslim. Hal ini berarti menunjukkan bahwa semakin baik promosi flash sale, cashback dan gratis ongkos kirim yang ditawarkan maka semakin meningkat pula perilaku konsumen muslim dalam melakukan transaksi pada aplikasi shopee di Surabaya. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajemen perusahaan agar dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas program flash sale, cashback dan gratis ongkos kirim, serta dapat meluncurkan berbagai promosi baru yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen muslim dalam melakukan transaksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Rinata Aulia08040420159@student.uinsby.ac.id08040420159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Perilaku
Wirausaha
Keywords: Flash Sale; Cashback; Gratis Ongkos Kirim; Perilaku Konsumen Muslim
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rinata Aulia Puspitasari
Date Deposited: 01 Feb 2024 05:47
Last Modified: 01 Feb 2024 05:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68118

Actions (login required)

View Item View Item