Slogan Dekengane Pusat bentuk teologi populer yang ditawarkan Gus Iqdam dalam kanal youtube Gus Iqdam Official: studi analisis wacana kritis Teun A.Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyhuriyah, Alfina (2023) Slogan Dekengane Pusat bentuk teologi populer yang ditawarkan Gus Iqdam dalam kanal youtube Gus Iqdam Official: studi analisis wacana kritis Teun A.Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfina Masyhuriyah_07040120066 OK.pdf

Download (882kB)
[img] Text
Alfina Masyhuriyah_07040120066 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang slogan dekengane pusat dalam kanal youtube gus Iqdam official yang sedang viral, dengan menggunakan bentuk teologi populer yang Ditawarkan gus Iqdam dalam kanal youtube nya kemudian di analisis dengan menggunakan wacana kritis Teun A.Van Dijk. Slogan dekengane pusat merupakan slogan yang dipopulerkan oleh gus Iqdam di kanal youtube nya. Gus Iqdam merupakan pendakwah muda asal, Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur dan sekaligus pendiri Majlis Sabilu Taubah. Skripsi ini akan menjawab dua pertanyaan, yaitu: Pertama, bagaimana slogan “Dekengane Pusat” dalam ceramah gus Iqdam di kanal youtube gus Iqdam official ? Kedua, bagaimana slogan “Dekengane Pusat” dalam ceramah gus Iqdam di kanal youtube gus Iqdam official ditinjau dari analisis wacana kritis perspektif Teun A.Van Dijk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis. Data di peroleh dari observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data-data tersebut di baca dan di sajikan secara deskriptif analisis. Skrisi ini menemukan bahwa: Pertama, slogan “dekengane pusat” yang dipopulerkan oleh gus Iqdam pada kanal youtube nya mengandung artian dukungan pusat yaitu backing dari Allah SWT langsung bagi orang-orang yang dekat dengan Allah. Slogan dengan narasi viral ini memiliki teologi populer (massa) dengan jargon-jargon tersebut di kembalikan ke-Ilahiyahan. Kedua, melalui strategi wacana model Teun A.Van Dijk di temukan bahwa informasi dalam slogan “Dekengane pusat” membentuk struktur wacana berupa bentuk dan makna juga di dalam nya memiliki unsur teologi patos yaitu apa yang di sampaikan bisa memempengaruhi orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyhuriyah, Alfinafina6518@gmail.com07040120066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLoekisno, Choiril Warsitoluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Agama
Filsafat
Ideologi Islam
Teologi
Keywords: Dekengane Pusat; Gus Iqdam; Media Sosial; Wacana Kritis Teun A.Van Dijk
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Alfina Masyhuriyah
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:00
Last Modified: 24 Jan 2024 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68119

Actions (login required)

View Item View Item