STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN IQ (INTELLEGENCE QUOTIEN) DAN EQ (EMOTIONAL QUOTIEN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Elok (2015) STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN IQ (INTELLEGENCE QUOTIEN) DAN EQ (EMOTIONAL QUOTIEN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada banyak nya pendapatyang menyatakan atau menganggap bahwa orang mempunyai kemampuan dan bakat itu dikarenakan memiliki intelegensi (IQ) yang tinggi, karena intelegensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Kenyataannya, dalam proses belajar mengajar disekolah sering di temukan siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan intelegensinya. Ada siswa yang mempunyai kemampuan intelegensi tinggi tetapi memperoleh prestasi belajar yang relatif rendah, namun ada juga siswa yang kemampuan intelegensinya relative rendah, dapat meraih prestasi belajar yang relatif tinggi. Itu sebabnya taraf intelegensi bukanlah merupakan satu-satunya faktor yang menentukan suatu keberhasilan seseorang, karena ada faktor lain yang mempengaruhinya yakni kecerdasan emosional dimana kecerdasan IQ hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan,sedangkan EQ menyumbang 80% bagi kesuksesan.
Maka dari itu ada beberapa hal yang ingin penulis ketahui dalam penelitian ini adalah :pertama, untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa di SMA Al-Islam Krian, kedua : untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran agama islam, ketiga : untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intellegensi siswa dengan hasil prestasi belajar siswa di SMA Al-Islam Krian.
Untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah diatas, penulis menggunakan tehnik pengumpulan data dengan observasi, interview, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang sudah dikumpulkan penulis menggunakan tehnik analisa kualitatif dan tehnik analisa kuantitatif.
Setelah penulis menganalisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa : Ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil prestasi belajar siswa, sedangkan hubungan antara kecerdasan intelligence siswa dengan hasil prestasi belajar siswa di ketahui hasilnya tidak ada korelasi yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, ElokUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Keywords: Kecerdasan; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:33
Last Modified: 15 Jun 2016 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6812

Actions (login required)

View Item View Item