This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulidiyah, Elok (2015) STUDI KORELASI ANTARA KECERDASAN IQ (INTELLEGENCE QUOTIEN) DAN EQ (EMOTIONAL QUOTIEN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada banyak nya pendapatyang menyatakan atau menganggap bahwa orang mempunyai kemampuan dan bakat itu dikarenakan memiliki intelegensi (IQ) yang tinggi, karena intelegensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Kenyataannya, dalam proses belajar mengajar disekolah sering di temukan siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan intelegensinya. Ada siswa yang mempunyai kemampuan intelegensi tinggi tetapi memperoleh prestasi belajar yang relatif rendah, namun ada juga siswa yang kemampuan intelegensinya relative rendah, dapat meraih prestasi belajar yang relatif tinggi. Itu sebabnya taraf intelegensi bukanlah merupakan satu-satunya faktor yang menentukan suatu keberhasilan seseorang, karena ada faktor lain yang mempengaruhinya yakni kecerdasan emosional dimana kecerdasan IQ hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan,sedangkan EQ menyumbang 80% bagi kesuksesan.
Maka dari itu ada beberapa hal yang ingin penulis ketahui dalam penelitian ini adalah :pertama, untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa di SMA Al-Islam Krian, kedua : untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran agama islam, ketiga : untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intellegensi siswa dengan hasil prestasi belajar siswa di SMA Al-Islam Krian.
Untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah diatas, penulis menggunakan tehnik pengumpulan data dengan observasi, interview, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang sudah dikumpulkan penulis menggunakan tehnik analisa kualitatif dan tehnik analisa kuantitatif.
Setelah penulis menganalisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa : Ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil prestasi belajar siswa, sedangkan hubungan antara kecerdasan intelligence siswa dengan hasil prestasi belajar siswa di ketahui hasilnya tidak ada korelasi yang signifikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kecerdasan | ||||||
Keywords: | Kecerdasan; prestasi belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 3213 not found. | ||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:33 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2016 04:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6812 |
Actions (login required)
View Item |