Strategi pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pantai Kenjeran Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif marketing syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabiilah, Fanastasya (2024) Strategi pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pantai Kenjeran Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif marketing syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fanastasya Nabiilah_08040420117 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Fanastasya Nabiilah_08040420117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfungsi untuk menganalisis strategi pemasaran UMKM pantai kenjeran Surabaya perspektif marketing syariah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana Bagaimana strategi pemasaran UMKM pantai kenjeran Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ? dan bagaimana strategi pemasaran UMKM pantai kenjeran Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif marketing syariah ?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan secara tepat sifat individu, keadaan, gejala pada suatu kelompok tertentu dan dapat diartikan dengan penelitian yang menentukan hubungan antara indikasi satu dengan yang lain dalam masyarakat. Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada UMKM pantai kenjeran Surabaya. Adapun jenis dan sumber data yang dijadikan sumber data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Strategi pemasaran UMKM pantai Kenjeran Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan menerapkan strategi produk, harga, tempat, promosi, partisipan, proses dan lingkungan fisik. Masyarakat dapat meningkatkan pendapatan melalui berjualan ikan laut asap dan makanan ringan di wilayah pantai kenjeran, akan tetapi pada umumnya pedagang masih bergantung pada alam. Strategi pemasaran UMKM pantai Kenjeran Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif marketing syariah yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran islam (Islamic Marketing Mix). Islamic marketing mix ini terdiri dari strategi produk, harga, tempat, promosi, partisipan, proses dan lingkungan fisik. Apabila ditinjau pada persektif ekonomi syariah, masyarakat di sekitar Kenjeran Surabaya tersebut sudah sejahtera menurut batin karena percaya pada Allah Swt. sehingga tidak ada kecurangan yang dilakukan. Saran dari penelitian ini yaitu Kepada UMKM pantai kenjeran khususnya penjual ikan asap akan lebih baik jika produksi ikan asap dalam jumlah banyak ketika bahan baku masih tersedia sehingga apabila bahan baku kosong dan kepada UMKM pantai kenjeran khususnya pedagang makanan ringan hendaknya mempelajari cara melakukan pencatatan dengan modern sehingga tidak kualahan apabila terdapat pembeli dalam jumlah besar (partai). Kata Kunci : Strategi Pemasaran; UMKM pantai Kenjeran; Kesejahteraan masyarakat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabiilah, Fanastasyafanastasya01@gmail.com08040420117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: Pemasaran; Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM); kesejahteraan masyarakat; marketing syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fanastasya Nabiilah
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:36
Last Modified: 02 Feb 2024 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68141

Actions (login required)

View Item View Item