Analisis kompilasi hukum ekonomi syariah dan hukum positif terhadap akad ju’ālah pada aplikasi grabfood dengan metode pembayaran OVO points

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyanti, Annisa (2023) Analisis kompilasi hukum ekonomi syariah dan hukum positif terhadap akad ju’ālah pada aplikasi grabfood dengan metode pembayaran OVO points. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Febriyanti_05010220005.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Annisa Febriyanti_05010220005_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pembelian makanan di aplikasi grabfood pada setiap akun mendapatkan poin yang berbeda-beda. Akad ju’ālah dalam pembelian makanan pada aplikasi grabfood melalui metode pembayaran OVO points ini merupakan perjanjian imbalan yang diberikan oleh pihak pertama yaitu OVO kepada pihak kedua dalam melaksanakan tugas atau pelayanan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah yaitu bagaimana mekanisme sistem pembayaran melalui OVO points pada aplikasi grabfood dan analisis kompilasi hukum ekonomi syariah dan hukum positif terhadap akad ju’ālah pada penggunaan OVO points di aplikasi grabfood. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dengan perbandingan (comparative approach) dan pendekatan perundang-undangan (statute approach). Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian hukum normatif empiris. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan kompilasi hukum ekonomi syariah dan hukum positif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik pembelian makanan pada aplikasi grabfood dengan metode pembayaran OVO points ini diperbolehkan menurut kompilasi hukum ekonomi syariah, sebab sesuai dengan fiqih yang telah dijelaskan di atas bahwa poin juga merupakan harta yang dapat diperjualbelikan dan tidak melanggar syariat Islam. Sedangkan menurut hukum positif juga boleh dan aman sebab telah mengantongi izin. Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan, penulis menyarankan agar pihak grab dan OVO mencantukan informasi yang jelas mengenai promo atau cashback yang tersedia di aplikasi, serta perolehan poin yang didapat pengguna setelah melakukan layanan supaya pengguna mengetahui secara jelas dan transparan. Hal ini tentunya akan mempermudah masyarakat guna memperoleh informasi dan semakin tertarik untuk membeli makanan dengan menggunakan metode pembayaran OVO points.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyanti, Annisa05010220005@student.uinsby.ac.id05010220005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHabibi, Miftakhur Rohmanrokhmanhabibi@uinsby.ac.id2016128801
Subjects: Hukum Islam > Perjanjian
Hukum > Hukum Perdata
Hukum Ekonomi
Keywords: Aplikasi grabfood; akad ju’ā lah; pembayaran OVO points
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa Febriyanti
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:05
Last Modified: 02 Feb 2024 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68142

Actions (login required)

View Item View Item