Analisis clustering nilai gizi mie instan menggunakan metode single linkage, average linkage, complete linkage, dan ward.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Indah Nur (2024) Analisis clustering nilai gizi mie instan menggunakan metode single linkage, average linkage, complete linkage, dan ward. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Nur Maulidah_H72218022.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Indah Nur Maulidah_H72218022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Setiap manusia membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Karenanya, penting bagi masyarakat untuk cerdas dalam memilih makanan yang bernutrisi. Mie instan merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan beragamnya merek dan varian rasa mie instan yang tersedia, kandungan gizi di dalamnya juga bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan analisis pengelompokan (clustering) terkait nilai gizi yang terdapat dalam mie instan. Beberapa metode yang sering digunakan dalam analisis clustering meliputi single linkage, complete linkage, average linkage, dan ward. Dari keempat metode dipilih metode terbaik untuk pengelompokannya, pemilihan metode terbaik menggunakan uji korelasi cophenetic. Penentuan metode terbaik dipilih apabila nilai dari uji korelasi cophenetic mendekati angka 1 dan didapatkan hasil metode terbaik yaitu Average Linkage dengan nilai korelasi cophenetic sebesar 0.85712. Selanjutnya menggunakan koefisien silhouette untuk menentukan jumlah cluster, pada perhitungan koefisien silhouette diperoleh nilai sebesar 0.51136 yang artinya metode silhouette dengan jumlah cluster 3 baik untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata tertinggi terdapat pada cluster 2, cluster 3 mempunyai nilai rata-rata terendah dan cluster 1 mempunyai nilai rata-rata sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, Indah Nurindahnurm19@gmail.comH72218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@uinsby.ac.id2004028001
Subjects: Matematika
Statistik
Keywords: Mie instan; nilai gizi; analisis cluster; single linkage; complete Linkage, Average Linkage, dan Ward. Korelasi Cophenetic, Silhouette
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Indah Nur Maulidah
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:32
Last Modified: 02 Feb 2024 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68171

Actions (login required)

View Item View Item