Pengaruh lingkungan kerja nonfisik terhadap retensi karyawan dengan pengembangan karir sebagai variabel moderasi pada karyawan Yayasan Nurul Hayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ciputri, Oki (2026) Pengaruh lingkungan kerja nonfisik terhadap retensi karyawan dengan pengembangan karir sebagai variabel moderasi pada karyawan Yayasan Nurul Hayat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oki Ciputri_04040420086 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Oki Ciputri_04040420086 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menetahui pengaruh lingkungan kerja nonfisik terhadap retensi karyawan dan untuk mengetahui apakah pengembangan karir dapat memoderasi hubungan antara lingkungan kerja nonfisik dengan retensi karyawan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan hipotesis deskriptif. Peneliti menggunakan teknik analisa data berupa PLS untuk menjawab tujuan dari penelitian. Penelitian ini menghasilkan 3 jawaban, diantaranya: Pertama, Lingkungan Nonfisik berpengaruh secara signifikan terhadap retensi karyawan Yayasan Nurul Hayat Surabaya. Dari hasil uji hipotesis, diketahui nilai t-statistic (5%) menunjukkan 6.335 > 1.96 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Dan nilai koefisien jalur adalah positif (0.517), maka searah. Oleh karena itu, semakin baik Lingkungan Kerja Nonfisik maka akan semakin baik pula Retensi Karyawan, begitupun sebaliknya, semakin rendah Lingkungan Kerja Nonfisik maka semakin rendah pula Retensi Karyawan. Kedua, Lingkungan Kerja nonfisik memiliki hubungan terhadap Retensi Karyawan sebesar 0.745. Perolehan nilai tersebut menjelaskan bahwa kemampuan Lingkungan Kerja Nonfisik dalam mempengaruhi Retensi Karyawan adalah kuat yaitu 74.5% (pengaruh tinggi), sedangkan 25.5% sisanya merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Jadi, variabel lingkungan kerja nonfisik mengandung hubungan dengan kekuatan tinggi terhadap retensi karyawan di Yayasan Nurul Hayat Surabaya dengan nilai pengaruh 74.5%. Ketiga, Pengembangan karir tidak dapat memoderasi hubungan antara lingkungan kerja nonfisik dengan retensi karyawan. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0.05 (0.300 > 0.05), sehingga hipotesis ditolak. Kemudian, nilai koefisien jalur adalah negatif (-0.105), maka berlawanan arah. Oleh karena itu, pengembangan karir memperlemah pengaruh Lingkungan Kerja Nonfisik terhadap Retensi Karyawan namun secara tidak signifikan. Namun secara langsung pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap retensi karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ciputri, Okiokiciputri@gmail.com04040420086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.cholis@gmail.com2014056601
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Lingkungan Kerja Nonfisik; Pengembangan Karir; Retensi Karyawan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Oki Ciputri
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:12
Last Modified: 02 Feb 2024 01:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68172

Actions (login required)

View Item View Item