Konstruksi Dakwah Moderat dalam Film Pendek Reresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Cindy Melania (2023) Konstruksi Dakwah Moderat dalam Film Pendek Reresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindy Melania Fitriani_B91219091 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cindy Melania Fitriani_B91219091 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dakwah Islam yang moderat bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, pluralisme, dan multikulturalisme antar umat beragama yang memiliki keyakinan berbeda. Salah satunya media dakwah audio visual dengan menggunakan film pendek. Untuk itu, penelitian ini akan menggunakan objek penelitian film pendek Reresik untuk menentukan struktur tematik, skematik, semantik, dan retoris dakwah Islam yang moderat dikonstruksikan dalam film ini. Jenis penelitian menggunakan analisis teks media dan teori konstruksi sosial. Objek data penelitian akan dianalisis menggunakan analisis wacana kritis model Teun Adrianus Van Djik dengan empat struktur yang sudah dimodifikasi. Hasil analisis dari penelitian ini terkait struktur tematik konstruksi dakwah Islam yang moderat dibangun oleh ketiga aspek, yaitu aspek nilai toleransi, pluralisme, dan multikulturalisme, struktur skematik menggambarkan sebuah upaya untuk mengimplementasikan sikap saling menghargai dan menghormati dalam kehidupan sehari-hari, struktur semantik memberikan penekanan terkait umat muslim dan non muslim dapat hidup rukun dalam keberagaman, dan struktur retoris memperlihatkan ekspresi ramah dan santun jika diterapkan dalam hubungan antar anggota masyarakat dapat membangun dan menciptakan hubungan yang harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Cindy Melaniacindymelfi432@gmail.comB91219091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Toleransi Islam
Keywords: Konstruksi; Dakwah Moderat; Film pendek Reresik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Cindy Melania Fitriani
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:17
Last Modified: 20 Feb 2024 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68182

Actions (login required)

View Item View Item