Penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan melatih kesadaran metakognitif peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syifaurrohmah, Syifaurrohmah (2024) Penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan melatih kesadaran metakognitif peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syifaurrohmah_06031020025 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Syifaurrohmah_06031020025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kesadaran metakognitif pada siswa kelas IX di MTs Hasyim Asy’ari. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik khususnya pada materi bioteknologi sehingga menjadi satu dari sekian banyak faktor penyebab rendahnya hasil belajar dan kesadaran metakognitif pada peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini yaitu mengetahui hasil penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis metakognitif dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed methods strategi explanatory sekuensial dengan desain pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni melalui tes, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis metakognitif yang dilakukan peserta didik dapat dikatakan efektif dengan skor rata-rata yang diperoleh berada pada persentase 71%-100%. Selain itu, hasil penelitian ini membahas terkait nilai rata-rata dan score n-gain yang dimana pada hasil post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 69,26 dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 28,70. Sedangkan score n-gain pada kelas eksperimen lebih besar sebesar 0,5739 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,0368. Kesadaran metakognitif pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis metakognitif lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase pada level 4 yang dimana pada kelas eksperimen memperoleh 44% sementara pada kelas kontrol memperoleh 22%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syifaurrohmah, Syifaurrohmahurrohmahc@gmail.com06031020025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunitaainunjariyah@gmail.com0705128601
Subjects: Biologi
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan
Pendidikan > Inkuiri
Keywords: Guided Inquiry; Hasil belajar; Kesadaran Metakognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Syifaurrohmah Syifaurrohmah
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:57
Last Modified: 26 Feb 2024 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68189

Actions (login required)

View Item View Item