Konsep Makrifat Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari dan Konsep Logoterapi Viktor E. Frankl dalam mencapai kebahagiaan di era kontemporer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anahdiah, Shofia (2023) Konsep Makrifat Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari dan Konsep Logoterapi Viktor E. Frankl dalam mencapai kebahagiaan di era kontemporer. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Shofia Anahdiah_07020620057 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Shofia Anahdiah_07020620057 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (6MB)

Abstract

Kebahagiaan ididalam ipandangan iilmu itasawuf idan ikonsep ilogoterapi imemiliki ikesamaan idan ijuga iperbedaan. iDalam imeraih isebuah ikebahagiaan, iilmu itasawuf imenjabarkan iarti iatau imakna idari ibahagia iitu isendiri iadalah ikemanfaatan iindividu ikepada iindividu ilainnya. Penulisan karya ilmiah mengkaji tentang konsep makrifat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dari perspektif ilmu tasawuf dan konsep makna hidup dari logoterapi yang digagas oleh Viktor Emil Frankl dengan perspektif psikologi. Penulisan karya ilmiah yang berbentuk skripsi ini menjelaskan permasalahan, pertama, apa itu rasa bahagia yang hakiki dari perspektif tasawuf dan psikologi yang dibawakan dari kedua konsep tersebut. Kedua, bagaimana titik temu dan titik pisah dari pemikiran kedua pandangan tersebut. Ketiga, bagaimana relevansi konsep makrifat gagasan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dan konsep makna hidup dari logoterapi gagasan Viktor Emil Frankl di era kontemporer. Pada skripsi ini penulis menggunakan metodelogi deskriptif kualitatif komparatif dengan menggunakan penelitian pustaka (library research) yang memiliki tujuan untuk memperkuat argumentasi penulis dengan berbagai buku, jurnal, skripsi serta literatur lainnya yang sudah ada sebelumnya. Pada hasil penulisan karya ilmiah ini penulis menemukan beberapa titik temu dan titik pisah antara konsep makrifat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dari keilmuan tasawuf dan konsep makna hidup logoterapi Viktor Emil Frankl dari keilmuan psikologi. Viktor E. Frankl menjelaskan kebahagiaan autentik dapat diraih disetiap keadaan waktu maupun tempat sesuai dengan pengalamannya sebagai psikolog. Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari menjelaskan dalam meraih kebahagiaan seseorang harus berusaha mengenali Tuhannya, dengan cara mengenali dirinya terlebih dahulu. Sehingga muncul rasa kebahagiaan yang tidak tergambarkan. Dapat disimpulkan bahwa dalam meraih kebahagiaan mempunyai berbagai cara dan jalan, namun kebahagiaan harus dicari melalui jalan serta pemikiran yang baik, karena kebahagiaan merupakan salah satu nilai baik dalam kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anahdiah, Shofiashofianahdiah@gmail.com07020620057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Agama
Agama > Biografi Tokoh
Psikologi Islam
Keywords: Makna Hidup; Makrifat; Kebahagiaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Shofia Anahdiah
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:19
Last Modified: 02 Aug 2024 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68200

Actions (login required)

View Item View Item