Makna lirik lagu-lagu Dewa 19 dalam album Kerajaan Cinta: kajian semantik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ichsan, Rizky Lisanul (2023) Makna lirik lagu-lagu Dewa 19 dalam album Kerajaan Cinta: kajian semantik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Lisanul Ichsan_A94219062 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rizky Lisanul Ichsan_A94219062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji lirik dari seluruh lagu dalam album “Kerajaan Cinta” karya Dewa 19, mencakup Mati Aku Mati, Roman Picisan, Separuh Nafas, Kangen, Dewi, Angin, Larut, Laskar Cinta (Chapter One), Laskar Cinta (Chapter Two), Selimut Hati, Lelaki Pencemburu, Perasaanku tentang Perasaanku Kepadamu, Sedang Ingin Bercinta, dan Emotional Love Song. Fokus analisis tertuju pada pemahaman makna dan fungsi bahasa dari lirik-lirik ini, dengan penekanan pada aspek semantik yang berfokus pada makna afektif, serta fungsi emotif, referensial, dan estetik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif, didukung oleh pendekatan semantik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menggali pemahaman mendalam terkait bagaimana makna afektif tercermin dalam lirik-lirik tersebut, dan sejauh mana fungsi bahasa tercermin dalam karyakarya Dewa 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh lagu Dewa 19 dalam album “Kerajaan Cinta” mengandung makna afektif yang dapat diidentifikasi. Analisis juga mengungkapkan keberadaan fungsi bahasa, yaitu fungsi emotif yang mencerminkan ekspresi perasaan, fungsi referensial yang menggambarkan situasi atau pengalaman, dan fungsi estetik yang menyoroti keindahan artistik. Kesimpulannya, Dewa 19 berhasil menyampaikan pesan-pesan emosional dan artistik melalui karya-karya mereka, memberikan kontribusi dalam eksplorasi dimensi emosional dan seni musik Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ichsan, Rizky Lisanulrizkylisanulll@gmail.comA94219062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@gmail,com197311212005011002
Subjects: Bahasa Indonesia
Kesenian
Linguistik
Keywords: Dewa 19; song; semantics
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Rizky Lisanul Ichsan
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:38
Last Modified: 02 Feb 2024 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68220

Actions (login required)

View Item View Item