Implementasi blended learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi siswa MA al-Bairuny Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nur Sakinatul (2024) Implementasi blended learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi siswa MA al-Bairuny Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Sakinatul Jannah_D91217125 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nur Sakinatul Jannah_D91217125.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan metode pembelajaran di masa pandemi yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi sepenuhnya dalam jaringan atau kombinasi antara tatap muka dan dalam jaringan yang disebut blended learning. Blended learning inilah yang peneliti ulas guna melihat implementasinya untuk penguatan pendidikan karakter siswa di masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi siswa MA Al-Bairuny Jombang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi siswa MA Al-Bairuny Jombang. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data-data penelitian didapatkan dari observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian kepustakaan yang relevan untuk memperkuat hasil penelitian. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil kesimpulan bahwa: (1) Implementasi blended learning dapat digunakan untuk penguatan pendidikan karakter siswa di masa pandemi terutama pada aspek kedisiplinan, kejujuran dan kemandirian siswa. (2) Faktor-faktor pendukung implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi adalah sarana prasarana yang memadai, semangat belajar, dukungan keluarga, tingkat kecerdasan siswa, serta strategi mengajar guru. (3) Faktor penghambat implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi adalah ketersediaan jaringan internet dan gawai, keterbatasan ekonomi, sarana yang tidak memadai, kemampuan guru beradaptasi pada teknologi bergantung usia pengajar serta kesadaran dan tingkat pendidikan orang tua yang tidak mampu mendampingi siswa belajar dari rumah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Nur Sakinatuljnursakinatul@gmail.comD91217125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Akhlak
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Blended learning; penguatan pendidikan karakter; akidah akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Sakinatul Jannah
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:25
Last Modified: 05 Feb 2024 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68235

Actions (login required)

View Item View Item