This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Nur Sakinatul (2024) Implementasi blended learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi siswa MA al-Bairuny Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Sakinatul Jannah_D91217125 full.pdf Restricted to Repository staff only until 5 February 2027. Download (2MB) |
|
Text
Nur Sakinatul Jannah_D91217125.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan metode pembelajaran di masa pandemi yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi sepenuhnya dalam jaringan atau kombinasi antara tatap muka dan dalam jaringan yang disebut blended learning. Blended learning inilah yang peneliti ulas guna melihat implementasinya untuk penguatan pendidikan karakter siswa di masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi siswa MA Al-Bairuny Jombang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi siswa MA Al-Bairuny Jombang. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data-data penelitian didapatkan dari observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian kepustakaan yang relevan untuk memperkuat hasil penelitian. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil kesimpulan bahwa: (1) Implementasi blended learning dapat digunakan untuk penguatan pendidikan karakter siswa di masa pandemi terutama pada aspek kedisiplinan, kejujuran dan kemandirian siswa. (2) Faktor-faktor pendukung implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi adalah sarana prasarana yang memadai, semangat belajar, dukungan keluarga, tingkat kecerdasan siswa, serta strategi mengajar guru. (3) Faktor penghambat implementasi blended learning pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk penguatan pendidikan karakter di masa pandemi adalah ketersediaan jaringan internet dan gawai, keterbatasan ekonomi, sarana yang tidak memadai, kemampuan guru beradaptasi pada teknologi bergantung usia pengajar serta kesadaran dan tingkat pendidikan orang tua yang tidak mampu mendampingi siswa belajar dari rumah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan - Karakter |
||||||||||||
Keywords: | Blended learning; penguatan pendidikan karakter; akidah akhlak | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Sakinatul Jannah | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2024 08:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 08:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68235 |
Actions (login required)
View Item |