Upaya peningkatan kualitas peserta didik melalui pendidikan non-formal berbasis agama di TPQ Al Ittihad Kecamatan Gubeng Kota Surabaya: perspektif teori sistem Niklas Luhman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Tiara Rachma (2023) Upaya peningkatan kualitas peserta didik melalui pendidikan non-formal berbasis agama di TPQ Al Ittihad Kecamatan Gubeng Kota Surabaya: perspektif teori sistem Niklas Luhman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Rachma Ramadhani_10020320072 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tiara Rachma Ramadhani_10020320072 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Upaya peningkatan kualitas peserta didik melalui Pendidikan Non-Formal berbasis agama di TPQ Al-Ittihad Kec. Gubeng kota Surabaya. Bermanfaat untuk mencabar teori sistem Niklas Luhman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan penelitian dipilih secara purposive, yaitu ustad dan ustadzah dan para santri TPQ Al-Ittihad Surabaya. Data yang terkumpul melibatkan aspek kualitatif dan kuantitatif, diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan reduksi data, tampilan data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk menjamin realibilitas data, dilakukan triangulasi dengan sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem sosial yang merupakan hubungan kompleks antara entitas-entitas saling terhubung dan saling mempengaruhi dalam suatu lingkungan sosial. Peneliti disini menemukan adanya hubungan yang saling berkaitan antara TPQ dan lingkunganya, TPQ dan pemerintah, TPQ dan Peserta didik, Peserta didik dan Penajar, dan masih ada entitas lain di TPQ Al-Ittihad yang saling mempengaruhi. Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh para ustad dan ustadzah untuk meningkatkan kualitas peserta didik di TPQ Al-Ittihad. Melalui program-program yang dijalankan oleh mereka bertujuan memperbaiki mutu peserta didik melalui kegiatan agama dan pengembangan pribadi. Program-program tersebut menunjukkan komitmen mereka dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan holistik peserta didik. Keberhasilan upaya ustad dan ustadzah tercermin dalam kemajuan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Meski tidak semua peserta didik terlibat sepenuhnya, partisipasi mereka menunjukkan antusiasme terhadap program yang diselenggarakan. Ini menegaskan keberhasilan upaya para pengajar dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan holistik para peserta didik di TPQ Al-Ittihad.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Tiara Rachmarachmatiara450@gmail.com10020320072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaiaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Sosiologi
Keywords: Peningkatan kualitas; Pendidikan non-formal; Teori sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: tiara rachma ramadhani
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:26
Last Modified: 05 Feb 2024 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68259

Actions (login required)

View Item View Item