Analisis hukum islam dan hukum positif terhadap persyaratan bebas covid-19 bagi calon pengantin yang menikah pada masa pandemi covid-19 di KUA Kecamatan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadillah, Denny Kurnia (2021) Analisis hukum islam dan hukum positif terhadap persyaratan bebas covid-19 bagi calon pengantin yang menikah pada masa pandemi covid-19 di KUA Kecamatan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Denny Kurnia Fadillah_C91217100 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Denny Kurnia Fadillah_C91217100 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini sudah pasti hasil dari penelitian lapangan (field research), pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara dan teknik dokumentasi terhadap fakta yang ada di lapangan. Data yang dikumpulkan adalah data yang erat kaitannya dengan pelaksanaan persyaratan bebas Covid di KUA Kecamatan Sidoarjo. Selanjutnya, data diolah menggunakan teknik deskriptif analisis dengan dengan fokus pada pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwasanya pemeriksaan kesehatan pranikah sangat penting untuk dilakukan, mengingat di zaman sekarang yang sudah banyak berubah dengan kehadiran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Berkaitan dengan anjuran tentang surat keterangan bebas covid-19 adalah tindakan yang benar dan tepat mengingat memprioritaskan keselamatan jiwa termasuk kedalam lima pokok pilar al-Kulliyat al-Khams. Hal tersebut adalah bentuk antisipasi terhadap penularan virus dan tindakan yang efektif untuk menghentikan penyebaran virus.
Sesuai dengan kesimpulan di atas pelaksanaan surat keterangan bebas covid dibenarkan oleh hukum, sejalan dengan prinsip hukum Islam maupun hukum positif. Namun belum tersampaikan dengan baik sebab belum ada peraturan yang mengatur terkait pelaksanaan surat keterangan bebas covid sehingga sewajarnya pemerintah kabupaten Sidoarjo, khususnya Kemenag Kabupaten Sidoarjo, secepatnya merumuskan peraturan kepada seluruh masyarakat, terlebih masyarakat kabupaten Sidoarjo, dan secara khususnya lagi kepada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan mengingat banyak sekali manfaat yang didapat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadillah, Denny Kurniadennykurniafadillah@gmail.comC91217100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiza, A. Kemalkemalespe@yahoo.com2001077502
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Hukum
Keywords: hukum Islam; perkawinan; syarat menikah; pandemi covid-19
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: DENNY FADILLAH
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:12
Last Modified: 05 Feb 2024 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68267

Actions (login required)

View Item View Item