Jalinan relasi anggota E-Sport Campus Organization (ESCO) pada Game Online Mobile Legends: Bang Bang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhiyavia, Nisrina Adzhani (2023) Jalinan relasi anggota E-Sport Campus Organization (ESCO) pada Game Online Mobile Legends: Bang Bang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisrina Adzhani Dhiyavia_04020520069 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nisrina Adzhani Dhiyavia_04020520069 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses jalinan relasi dan upaya yang dilakukan oleh anggota E-Sport Campus Organization (ESCO) selama bermain game online Mobile Legends: Bang Bang hingga mengenal dunia E-Sport. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Selain itu, penelitian ini mengumpulkan data penelitian melalui wawancara, observasi, serta penelitian terdahulu dengan didukung teori penetrasi sosial yang digunakan sebagai penunjang penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan jika jalinan relasi interpersonal pada anggota ESCO melalui beberapa proses didalamnya yakni empat proses yakni proses pertemuan dan eksplorasi awal, proses pertukaran informasi, proses pembentukan ikatan, dan proses stabilitas hubungan. Agar dapat melalui proses tersebut dengan baik, para anggota melakukan beberapa upaya utama yaitu melakukan komunikasi dengan konsisten, menetapkan batasan, meningkatkan rasa empati, dan mengeksplorasi diri bersama hingga dapat menghasilkan hubungan yang stabil dan terikat. Kesuksesan hubungan tersebut ditandai dengan rasa percaya dan rasa nyaman diantara kedua belah pihak sehingga memunculkan rasa keterdekatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhiyavia, Nisrina Adzhanininazhyv@gmail.com04020520069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moham.moefad@uinsa.ac.id2025087002
Subjects: Game Online
Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Organisasi Mahasiswa
Keywords: Jalinan Relasi; Hubungan interpersonal; Penetrasi Sosial.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nisrina Adzhani Dhiyavia
Date Deposited: 09 Feb 2024 09:48
Last Modified: 09 Feb 2024 09:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68296

Actions (login required)

View Item View Item