Strategi pengelolaan pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah pada produk KPR Ib Griya Barokah di Bank Jatim Syariah KCPS Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An Nazily, Venda Qanata (2023) Strategi pengelolaan pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah pada produk KPR Ib Griya Barokah di Bank Jatim Syariah KCPS Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Venda Qanata An Nazily_G94219194 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Venda Qanata An Nazily_G94219194 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi yang berjudul Strategi Pengelolaan Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah pada Produk Pembiayaan KPR IB Griya Barokah di Bank Jatim Syariah KCPS Jombang bertujuan untuk merumuskan bagaimana mekanisme pengelolaan pembiayaan KPR syariah pada produk KPR IB Griya Barokah, serta strategi yang diterapkan dan dikelola berdasarkan analisis SWOT pada produk KPR IB Griya Barokah di Bank Jatim Syari’ah KCPS Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pengelolaan yang diterapkan KPR IB Griya Barokah di Bank Jatim Syariah KCPS Jombang telah sesuai berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan. Prinsip tersebut meliputi perencanaan kebijakan dan klasifikasi pembiayaan. Dalam pengorganisasiannya, beberapa prinsip tersebut diterapkan sesuai pekerjaan masing-masing pegawai. Selain itu, perencanaan kebijakan pembiayaan dan pelayanan disesuaikan dengan prosedur pembiayaan. Satuan kerja operasionalnya diawasi sesuai dengan kerangka pengawasan Bank Jatim Syariah berdasarkan standar Bank Indonesia. Berdasarkan analisis SWOT, didapatkan strategi agresif pada pengelolaan KPR IB Griya Barokah di Bank Jatim Syari’ah KCPS Jombang, yang dapat menjadi kajian mendalam pada saat pelaksanaan FGD (Forum Group Discussion) oleh para pegawai Bank Jatim Syari’ah KCPS Jombang. Strategi tersebut antara lain peningkatan promosi melalui media sosial, peningkatan edukasi literasi keuangan syariah ke masyarakat, peningkatan loyalitas developer melalui pemberian reward, mengadakan promo, peningkatan branding image KPR IB Griya Barokah sebagai produk berbasis syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An Nazily, Venda Qanatavenda.qanata2@gmail.comG94219194
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Strategi pengelolaan; KPR Syariah; Analisis SWOT
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Venda Qanata An Nazily
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:37
Last Modified: 05 Feb 2024 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68298

Actions (login required)

View Item View Item