UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BELAJAR BERBASIS GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII/A SMP BAITUSSALAM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiqoh, Elok (2015) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BELAJAR BERBASIS GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII/A SMP BAITUSSALAM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatannya. Yakni, “ada yang cepat, sedang, dan ada pula yang lambat. Oleh karena itu, mereka seringkali harus menempuh cara yang berbeda untuk bisa memahami sebuah informasi atau pelajaran yang sama. Bila gaya belajar siswa baik dan efesien, maka bisa juga tingkat hasil belajar siswa pun tinggi. Begitu pula sebaliknya, apabila gaya belajar siswa kurang baik dan efesien, maka boleh jadi tingkat pencapaian hasil belajar siswa di sekolah pun akan rendah. Dengan adanya upaya dari guru BK yaitu dengan memberikan layanan bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar bisa membantu siswa dalam mengetahui gaya belajar seperti apa yang sesuai dengan diri mereka sehingga bisa memberikan dampak positif pada semangat belajar siswa dan prestasi belajarnya.
Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat judul Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Konseling Belajar Berbasis Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII/A SMP Baitussalam Surabaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah Peneltian ini bertujuan untuk mendiskripsikan layanan bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar, dan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui layanan bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar pada siswa kelas VIII/A SMP Baitussalam Surabaya.
Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan kualitatif yang merekonstruksikan ucapan dan tingkah laku orang atau subyek studi. Dimana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar sudah sesuai dengan teori umum yang dinyatakan oleh para ahli. Begitu pula hasil prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan adanya layanan bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai siswa sebelum diadakan layanan bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar yaitu 75,6 dan hasil sesudah dilaksanakan layanan bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar yaitu 80. Hasil prestasi ini dapat disimpulkan dengan jumlah siswa 32 yang mengalami peningkatan prestasi sebanyak 28 siswa yang menurun 2 siswa dan yang tetap 2 siswa.
Kata Kunci: Layanan bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar, peningkatan prestasi siswa melalui layanan bimbingan konseling belajar berbasis gaya belajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiqoh, ElokUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan konseling; peningkatan prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:24
Last Modified: 16 Jun 2016 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6832

Actions (login required)

View Item View Item