Dakwah kultural Askar Bromo Muslim pada Suku Tengger

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Janitra, Belda Eldrit (2022) Dakwah kultural Askar Bromo Muslim pada Suku Tengger. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Belda Eldrit Janitra_F02719226 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Belda Eldrit Janitra_F02719226 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Suku Tengger dikenal memegang teguh nilai-nilai adat dan budaya. Mereka menempati wilayah pegunungan Bromo Tengger Semeru yang membentang di empat kabupaten yakni, Lumajang, Probolinggo, Malang, dan Pasuruan. Mayoritas warga Tengger beragama Hindu, namun beberapa tahun belakang ini Islam tumbuh pesat di sana. Peluang tersebut dibaca oleh Yayasan Askar Ramadhan yang kemudian merekrut Muslim Tengger lalu menamai mereka sebagai Askar Bromo Muslim yang bertugas untuk mengenalkan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dakwah kultural dan sistem dakwah yang dilakukan oleh Askar Bromo Muslim kepada Suku Tengger. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Teori Interaksi Simbolik-George H. Mead, Teori Analisis Proses Interaksi-Robert F. Bales, dan Teori Sistem Dakwah-Moh. Ali Aziz. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Askar Bromo Muslim melakukan dakwah melalui budaya masyarakat Tengger sehari-hari yakni, meneguhkan identitas muslim dengan simbol yang biasa melekat sehari-hari, menyelipkan pesan dakwah ketika bekerja bersama, menjadikan kesenian Islam sebagai media penyampai pesan dakwah, mendirikan masjid sebagai simbol pusat kegiatan Muslim. Di samping itu, sistem dakwah yang ditemukan dalam penelitian ini bersifat linier dimana Yayasan Askar ramadhan sebagai sistem, Askar Bromo Muslim sebagai subsistem internal, dan masyarakat Suku Tengger sebagai subsistem eksternal. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya, untuk melakukan riset mengenai dakwah kultural Suku Tengger melalui jenis penelitian etnografi sehingga data yang didapat bersifat lebih mendalam sesuai dengan realitas masyarakat setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Janitra, Belda Eldritbeldaeldritjanitra@gmail.comF02719226
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Akulturasi
Budaya - Agama
Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Dakwah kultural; Suku Tengger; sistem dakwah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Belda Janitra
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:44
Last Modified: 06 Feb 2024 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68320

Actions (login required)

View Item View Item