Simbol pesan bullying pada web series my nerd girl season 1

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dari, Dewi Wulan (2023) Simbol pesan bullying pada web series my nerd girl season 1. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Wulan Dari_04010520011.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Dewi Wulan Dari_04010520011_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Bullying kini menjadi sesuatu yang biasa di kalangan anak muda. Bullying yang mereka lakukan bermacam-macam mulai dari Bullying verbal dan Bullying nonverbal. Terdapat sebuah persoalan yang akan di kaji pada penelitian ini, yaitu bagaimana penandan maupun karakteristik dari arti penanda dan petanda tersebut, pada pesan Bullying yang bersifat verbal dan nonverbal. Adapun maksud dari kajian skripsi ini yakni guna memahami karakteristik maupun simbol serta mendeskripsikan makna dari penanda dan petanda pada pesan Bullying. Untuk memaknai masalah ini secara rinci, peneliti menggunakan metode analisis semiotika berdasarkan referensi Roland Barthes dengan pendekatan kritis yang berguna untuk menguraikan serta menjabarkan dan menjawab rumusan masalah secara detail. Hasil dari kajian ini diperoleh 2 poin utama yakni (1) ada beberapa karakteristik maupun simbol terhadap pesan Bullying pada web series My nerd Girl, bagian petanda yaitu yang bersifat verbal ialah seperti ucapan cupu, bodoh, dan anak beasiswa, sedangkan yang bersifat nonverbal ialah berupa tendangan, tamparan, serta pukulan. Sedangkan pada bagian petanda berupa visual dari Bullying tersebut. (2) makna dari penanda dan petanda tersebut ialah karena adanya kekuasaan, uang serta senioritas di sekolah, maka para siswa berani melakukan Bullying kepada siswa lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dari, Dewi Wulan04010520011@student.uinsby.ac.id04010520011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Penganiayaan
Keywords: Analisis semiotika; web series; bullying
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dewi Wulan Dari
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:31
Last Modified: 06 Feb 2024 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68355

Actions (login required)

View Item View Item