Makna pesan problematika poligami dalam rumah tangga dalam film surga yang tak dirindukan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idris, Mochamad (2023) Makna pesan problematika poligami dalam rumah tangga dalam film surga yang tak dirindukan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Idris_B95218116.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Mochamad Idris_B95218116_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Film Surga Yang Tak Dirindukan adalah film dengan tema drama religi yang menceritakan tentang kehidupan berkeluarga melakukan tindak poligami yang penuh dengan problematika dan tantangan yang menggabungkan banyak nilai Islam. Berdasarkan paparan tersebut, maka pertanyaan penelitian ini adalah bagaimanakah polemik poligami ini menimbulkan berbagai problematika dalam keluarga di film Surga Yang Tak Dirindukan? Penelitian dilakukan menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes yang menekankan interaksi antara teks/tanda dengan pengalaman dan kultural. Penelitian juga memakai pendekatan kualitatif untuk menganalisis fenomena, peristiwa, dinamika sosial, sikap, keyakinan, dan persepsi. Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan beberapa makna dari beberapa adegan dalam film Surga Yang Tak Dirindukan seperti adegan di mana poligami belum terjadi, sedang terjadi, dan setelah terjadi. Peneliti memberikan kesimpulan beberapa makna tersebut dalam polemik poligami yang terjadi dalam rumah tangga dalam film Surga Yang Tak Dirindukan. Lalu bisa diambil nilai-nilai dan kesimpulan dari problematika yang terjadi dalam rumah tangga di film Surga Yang Tak Dirindukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idris, Mochamadmochamad.idris139@gmail.comB95218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Poligami
Keywords: Pesan; problematika; poligami; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mochamad Idris
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:52
Last Modified: 06 Feb 2024 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68358

Actions (login required)

View Item View Item