Pengaruh kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku agresif remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imanda, Azriel Ari (2023) Pengaruh kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku agresif remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azriel Ari Imanda_J01219012 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Azriel Ari Imanda_J01219012 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Perilaku agresif merupakan tingkah laku yang secara sengaja dilakukan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun verbal yang diukur dari agresi fisik, agresi verbal, dan destruktif. Remaja yang memiliki sifat agresif tinggi cenderung memunculkan keinginan untuk melakukan hal yang melanggar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri dengan konformitas terhadap perilaku agresif remaja. Subjek penelitian ini merupakan remaja yang bertempat tinggal di Sukodono Sidoarjo dengan 297 remaja. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisi regresi linier berganda. Ada tiga instrument yang digunakan yaitu The Aggresion Questionnaire (TAQ) kemudian Self Control Scale (SCS) dan Conformity Scale (CS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kontrol diri dan konformitas secara simultan atau bersamaan juga memiliki kontribusi terhadap pembentukan perilaku agresif remaja. kontrol diri tinggi dapat memperkecil kemungkinan mereka mempunyai tingkat agresivitas yang tinggi dan konformitas yang tinggi akan cenderung memiliki tingkah laku agresif yang tinggi pula. Sebaiknya remaja pemain game online dapat melatih kontrol dirinya melalui pengurangan jadwal bermain game agar sifat perilaku agresif yang akan ditimbulkan berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imanda, Azriel Ariazrielarie823J01219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com0027027604
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Perilaku agresif; control diri; konformitas
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Azriel Ari
Date Deposited: 09 Feb 2024 09:33
Last Modified: 09 Feb 2024 09:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68361

Actions (login required)

View Item View Item