Analisis fenomenologi Edmund Husserl terhadap komodifikasi agama di ruang public; studi kasus penggunaan simbol-simbol islam pada PILKADA Sumenep 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukman (2022) Analisis fenomenologi Edmund Husserl terhadap komodifikasi agama di ruang public; studi kasus penggunaan simbol-simbol islam pada PILKADA Sumenep 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lukman Hakim_E04213050 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lukman Hakim_E04213050 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

penulis akan memfokuskan penelitian ini pada kasus Pilkada Sumenep tahun 2020 lalu yang dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan simbolsimbol Islam serta santernya wacana-wacana keislaman yang digunakan oleh tokoh-tokoh agama, elite-elite politik, dan simpatisan para calon sebagai alat legitimasi untuk melanggengkan ambisi politik pada Pilkada Sumenep 2020 lalu. Mereka menggunakan Islam sebagai salah satu factor penting untuk memobilisasi masyarakat Sumenep,karena secara historis masyarakat Sumenep dalam hal kepatuhan beragama masih dianggap cukup kental, ini menjadi peluang tersendiri bagi kelompok yang bersangkutan untuk menggandeng pihak-pihak tertententu yang dianggap punya pengaruh besar di tengah-tengah masyarakat. Berdasarkan masalah di atas maka timbul sebuah pertanyaan bagaimana komodifikasi agama di ruang publik pada Pilkada Sumenep 2020? lalu bagaimana analisis fenomenologi Edmund Husserl terhadap Pilkada Sumenep 2020? Maka dari itu penulis melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan fenomenologi Edmund Husserl yang bertujuan untuk mengetahui fenomena esensial serta mengungkap pengalaman seseorang. Studi kasusyangberorientasipadafeno mena atau gejala yang bersifat alamiah untuk kemudian dianalisis dan diinterpretasikan secara luas dan mendalam dengan sumber primer dan sumber sekunder.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Lukmanlukmansampang4@gmail.comE04213050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKasno, Kasno--ush2001125901
Subjects: Agama
Pemilihan Umum
Keywords: Analisis Fenomenologi; Komodifikasi Agama; Simbolisasi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2024 04:56
Last Modified: 19 Apr 2024 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68379

Actions (login required)

View Item View Item