Konstruksi pesan toleransi dalam podcast berbeda tapi bersama oleh Habib Husein Ja’far al Hadar: analisis framing model Gamson dan Modligiani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Fatur (2023) Konstruksi pesan toleransi dalam podcast berbeda tapi bersama oleh Habib Husein Ja’far al Hadar: analisis framing model Gamson dan Modligiani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Fatur Rohman_B95218109 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Fatur Rohman_B95218109.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna menjelaskan mengenai konstruksi pesan toleransi yang mengkaji Podcast Berbeda tapi Bersama episode 8 menggunakan analisis framing model Gamson dan Modligiani. Penelitian ini adalah pendekatan kritis yang berfokus pada pengungkapan realitas sosial yang ada. Sementara itu, peelitian ini memanfaatkan jenis penelitian analisis teks media dengan menggunakan teknik analisis framing. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembingkaian pada podcast Berbeda tapi Bersama diwujudkan dengan bagaimana Habib Ja’far Al Hadar memberikan pertanyaan pemantik kepada Biksu Zhuan Xiu untuk mengenalkan agama Buddha. Selanjutnya dari proses mengenal inilah yang kemudian dibingkai sebagai bentuk toleransi dimana diantara banyaknya perbedaan antar ajaran kepercayaan, namun ada satu visi dan misi yang sama, yakni menjadi pribadi yang bermanfaat dan menebarkan cinta kasih kepada seluruh makhluk. Dan dengan mengenal kepercayaan lain, maka kita akan menciptakan tatanan masyarakat yang saling mengenal, saling menghargai dan bertoleransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Faturavatur99@gmail.comB95218109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam-2020067303
Subjects: Agama
Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Keywords: Analisis framing; toleransi; podcast berbeda tapi bersama; Habib Ja’far; Buddha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fatur Rohman
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:49
Last Modified: 12 Feb 2024 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68382

Actions (login required)

View Item View Item