Implementasi manajemen rantai pasok berbasis supply chain operation reference (scor) menggunakan software odoo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusron, Mochamad Haidar Wassi (2023) Implementasi manajemen rantai pasok berbasis supply chain operation reference (scor) menggunakan software odoo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Haidar Wassi Yusron_H06216014 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mochamad Haidar Wassi Yusron_H06216014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan manajemen rantai pasok berbasis Supply Chain Operation Reference (SCOR) menggunakan software Odoo. Fokus penelitian adalah evaluasi kinerja rantai pasok yang diperlukan untuk menghadapi persaingan bisnis dan bagaimana perusahaan dapat mencapai kinerja SCM yang optimal. Penelitian dilakukan pada PT.XYZ, sebuah perusahaan garmen di Surabaya. Metode penelitian melibatkan evaluasi kinerja perusahaan dengan menghitung beberapa indikator kunci, termasuk Perfect Order Fulfillment (POF) sebesar 89,35%, Order Fulfillment Cycle Time (OFCT) antara 21-25 hari, Cost of Goods Sold (COGS) sebesar 67,62%, Supply Chain Management Cost (SCMC) sebesar 67,30%, dan Cash to Cash Cycle Time (CTCCT) sebesar 20 hari. Selanjutnya, dilakukan implementasi sistem menggunakan Odoo untuk membantu mengotomatisasi dan meningkatkan sistem pendataan di PT.XYZ yang sebelumnya masih menggunakan MS Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem menggunakan Odoo memberikan potensi perbaikan yang signifikan dalam manajemen rantai pasok PT.XYZ. Penggunaan Odoo membantu mempercepat proses pendataan, meningkatkan visibilitas terhadap persediaan dan pesanan, serta mengoptimalkan alur informasi antara departemen yang terlibat dalam rantai pasok. Kesimpulannya, implementasi manajemen rantai pasok berbasis SCOR dengan menggunakan software Odoo merupakan langkah penting bagi PT.XYZ dalam meningkatkan kinerja SCM dan menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penggunaan Odoo sebagai solusi teknologi informasi dapat memberikan manfaat signifikan dalam pengelolaan dan pengoptimalkan rantai pasok perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusron, Mochamad Haidar Wassihaidarwassi@gmail.comH06216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Manajemen
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Manajemen rantai pasok; Supply Chain Operation Reference (SCOR); Odoo; Evaluasi kinerja; Sistem pendataan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Haidar Yusron
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:37
Last Modified: 18 Mar 2024 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68393

Actions (login required)

View Item View Item