Pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji untuk mengembangkan profesionalitas pembimbing di Kantor Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashlukhah, Salimmatul (2024) Pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji untuk mengembangkan profesionalitas pembimbing di Kantor Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salimmatul Mashlukhah_04030420054.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Salimmatul Mashlukhah_04030420054_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji pada Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumen. Teknik validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber. Serta analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Miles dan Huberman dalam Ahmad Rijali. Terdapat beberapa hasil dari pelaksanaan penelitian di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Instansi tersebut menggunakan rundown sebagai deskripsi pelatihan. Proses peatihan sertifikasi meliputi pengumpulan data analisis kebutuhan, metode dalam pengembangan pelatihan dan penilaian pelatihan pada peserta. Analisis kebutuhan dengan menyesuaikan aturan yang telah ditetapkan terkait pembimbing manasik haji. Kemudian manfaat adanya pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji untuk dapat mengembangkan profesionalitas pembimbing manasik haji pada periode yang akan datang. Bahan ajar pembimbing manasik haji dirancang sesuai kurikulum yang berlaku. Kriteria pemilihan bahan ajar yang dikemukakan oleh Ramdani yakni antara lain: Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sebelum menentukan materi terlebih dahulu. Identifikasi jenis-jenis materi yang sejalan dengan berbagai jenis aspek standar kompetensi, jenis-jenis materi diantaranya yaitu materi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Memilih jenis materi yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Prinsip-prinsip bahan ajar meliputi: konsisten, relevan, dan kecukupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashlukhah, Salimmatulsalmaalmashlukhah@gmail.com04030420054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaletehan, Aun Falestienaunff@yahoo.co.id2014058201
Subjects: Manajemen Dakwah
Pendidikan Islam
Pemberdayaan
Keywords: pelatihan sertifikasi pembimbing; profesionalitas pembimbing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Salimmatul Mashlukhah
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:10
Last Modified: 19 Feb 2024 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68397

Actions (login required)

View Item View Item