Analisis literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) ditinjau dari gaya belajar sensing dan intuition

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Shofi Nur Ni'matul (2023) Analisis literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) ditinjau dari gaya belajar sensing dan intuition. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofi Nur Ni'matul Khoiriyah_D74217066 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Shofi Nur Ni'matul Khoiriyah_D74217066 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (5MB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan berbagai macam simbol dan bilangan yang berhubungan dengan matematika untuk menyelesaikan permasalahan praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM Numerasi ditinjau dari gaya belajar Sensing dan Intuition. untuk melihat literasi numerasi peserta didik digunakan indikator literasi numerasi yang sudah disesuaikan dengan tahap-tahap penyelesaian masalah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini di MTsN 1 Kediri pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek diambil dari peserta didik kelas VIII E dan kelas VIII F. Subjek penelitian terdiri dari 3 peserta didik dengan gaya belajar Sensing dan 3 peserta didik dengan gaya belajar Intuition yang diambil dari angket tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal AKM Numerasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi numerasi peserta didik yang memiliki gaya belajar Sensing tergolong mampu dalam menganalisis informasi yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram, mampu dalam menggunakan simbol dalam materi aljabar, serta mampu juga dalam keterampilan konsep bilangan dan operasi hitung. Sedangkan literasi numerasi peserta didik yang memiliki gaya belajar Intuition tergolong mampu dalam menganalisis informasi yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram, namun cukup mampu dalam menggunakan simbol dalam materi aljabar, dan cukup mampu dalam keterampilan konsep bilangan dan operasi hitung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Shofi Nur Ni'matulsoffi621@gmail.comD74217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Literasi Numerasi; Gaya Belajar; AKM Numerasi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Shofi Nur Ni'matul Khoiriyah
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:41
Last Modified: 12 Feb 2024 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68402

Actions (login required)

View Item View Item