Pengelolaan dana Desa di masa pandemi Covid-19 di Desa Glodog Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuriya, Fuafatul Riza (2022) Pengelolaan dana Desa di masa pandemi Covid-19 di Desa Glodog Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuafatul Riza Nuriya_I71218049 OK.pdf

Download (682kB)
[img] Text
Fuafatul Riza Nuriya_I71218049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh penulis secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan dana desa yang ada di Desa Glodog Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Jawa Timur di tengah pandemi Covid-19. Keadaan Indonesia sekarang ini mengalami perubahan dalam pengelolaan yang dimana sebelumnya pengelolaan dana desa digunakan untuk masalah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pada tahun ini mengelami perubahan karena adanya Covid-19 dana untuk tahun ini di prioritaskan untuk masalah pencegahan dan penanganan pandemi yang ada di desa. Upaya yang diinstruksikan yakni wajib melakukan “refocusing” anggaran yang memprioritaskan pengunaan anggaran untuk penanganan COVID-19. Dalam penelitiann ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. dengan informan kepala Desa beserta aparat pemerintah Desa Glodog yang dimana fokus penelitiannya adalah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penatausahaan, dan laporan pertanggungjawaban. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara,dokumen dan observasi. Pemerintahan tingkat desa dituntut untuk mampu beradaptasi dengan pengaturan untuk Refocusing anggaran, oleh karena hal tersebut penelitian ini menggunakan teori “Structural Fungsional”. Agar pemerintah desa bisa mengedepankan program kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat desa. Teori “AGIL” terbagi terbagi empat sistem, yakni Adaptation (A), Goal Attainment (G), Intergration (I), Latency (L). Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa dalam pengelolaan dana desa pada masa pandemi Covid-19 di Desa Glodog menunjukan bahwa, pemerintah desa melakukan rangkaian kewajibannya dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat keseriusan pemerintah desa dalam upaya mengikuti arahan peraturan yang telah ditetapkan, mulai dari proses perencanaan perubahan anggaran yang melibatkan semua aktor desa dengan mengadakan musyawarah dan menyepakati bahwa anggaran dana desa yang dimiliki difokuskan untuk penanganan Covid-19. Yang terdapat faktor pendukung kuatnya proses pendampingan dan partisipasi masyarakat yang aktif. Dan faktor penghambat kurangnya pelatihan bagi aparatur dan kurangnya komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuriya, Fuafatul Rizafuafatulrizanuriya2255@gmail.comI71218049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyuthi, Ahmadahmadasuyuthi@gmail.com--
Subjects: Politik
Keywords: Pengelolaan Dana Desa; Pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Fuafatul riza Nuriya
Date Deposited: 10 Feb 2024 02:12
Last Modified: 10 Feb 2024 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68405

Actions (login required)

View Item View Item