Pengaruh pemahaman regulasi dan pelaksanaan anggaran terhadap realisasi anggaran dengan kompetensi sumber daya manusia sebagai variabel intervening pada KPPN Surabaya II

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Eureka Friza (2023) Pengaruh pemahaman regulasi dan pelaksanaan anggaran terhadap realisasi anggaran dengan kompetensi sumber daya manusia sebagai variabel intervening pada KPPN Surabaya II. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eureka Friza Salsabila_08040320086 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eureka Friza Salsabila_08040320086 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pemahaman Regulasi dan Pelaksanaan Anggaran Terhadap Realisasi Anggaran Dengan Kompetensi Sumber Daya Manusia Sebagai Variabel Intervening Pada KPPN Surabaya II”. Penelitian ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai pemahaman regulasi dan pelaksanaan anggaran terhadap realisasi anggaran dengan kompetensi sumber daya manusia sebagai variabel intervening.Pemahaman regulasi, pelaksanaan anggaran, dan kompetensi sumber daya manusia telah menjadi subjek penelitian yang berkaitan dengan Realisasi Anggaran dalam mengetahui tingkat penyerapan Satuan Kerja terhadap APBN. Implementasi dari pemahaman regulasi, pelaksanaan anggaran, dan kompetensi sumber daya manusia ini diharapkan mampu meyerap suatu anggaran dengan optimal dan sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat tercapai suatu kegiatan operasional yang maksimal disetiap aktivitasnya. Pada penelitian ini menganalisis pengaruh dari pemahaman regulasi, pelaksanaan anggaran, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap realisasi anggaran para Satuan Kerja (K/L).Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer dan juga data sekunder. Data primer didapatkan peneliti dari kuesioner yang disebarkan kepada para Satuan Kerja Mitra KPPN Surabaya, sedangkan data sekunder diperoleh peneliti dari data yang telah tersedia pada DJPb seperti halnya OM-SPAN, IKPA, MONEV dan lainnya. Pada data primer menggunakan kuesioner yang dimana menggunakan skala pengukurannya 1-5 yang bernilai positif. Dengan menggunakan purposive sampling, diperoleh jumlah sample dalam penelitian ini sebesar 130 responden Satuan Kerja Mitra KPPN Surabaya II. Lalu untuk pengujiannya menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan berbasis varians Partial Least Square (PLS) dengan versi 3.2.9.Hasil penelitian mengungkapkan bahwasannya, pertama pemahaman regulasi tidak berpengaruh terhadap realisasi anggaran. Kedua, pelaksanaan anggaran tidak berpengaruh terhadap realisasi anggaran. Ketiga, kompetensi sumber daya manusia memiliki pengaruh terhadap realisasi anggaran. Keempat, pemahaman regulasi memiliki pengaruh terhadap kompetensi sumber daya manusia. Kelima, pelaksanaan anggaran memiliki pengaruh terhadap kompetensi sumber daya manusia. Keenam, kompetensi sumber daya manusia mampu memediasi hubungan pemahaman regulasi dengan realisasi anggaran. Ketujuh, kompetensi sumber daya manusia mampu memediasi hubungan pelaksanaan anggaran dengan realisasi anggaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Eureka Frizaeurekafriza310@gmail.com08040320086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id2013128602
Subjects: Kebijakan Publik
Sumber Daya Manusia
Keuangan
Keywords: Pemahaman regulasi; pelaksanaan anggaran; realisasi anggaran; kompetensi sumber daya manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Eureka Friza Salsabila
Date Deposited: 07 Feb 2024 05:22
Last Modified: 07 Feb 2024 05:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68408

Actions (login required)

View Item View Item