Peran dan motivasi alumni dalam pengembangan perguruan tinggi di Pesantren Darussholah (pusat) An-Nawawiyah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Rohasib (2022) Peran dan motivasi alumni dalam pengembangan perguruan tinggi di Pesantren Darussholah (pusat) An-Nawawiyah Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohasib Maulana_02040820058 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rohasib Maulana_02040820058 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Peran dan Motivasi Alumni dalam Pengembangan Perguruan Tinggi di Pesantren Darussholah (Pusat) An-Nawawiyah Bangkalan” ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab kesenjangan tentang peran alumni pesantren Darussholah terhadap pengembangan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan pesantren tersebut. Dalam hal ini alumni memiliki motivasi yang kuat untuk memainkan peran sebagai sumber daya manusia (SDM) di Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam (STIUDA), sehingga membawa manfaat pada pengembangan STIUDA baik dari segi sarana dan prasarana, SDM, maupun keuntungan lainnya. Penelitian ini merupakan field reseach dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi dan dokumentasi, yakni data tentang peran alumni Darussholah di perguruan tinggi. Sejumlah data yang terkumpul lalu direduksi agar data tersebut benar-benar relevan dengan tujuan penelitian. Selanjutnya, dilakukan pengolahan dan analisis data dengan menggunakan pola pikir deskriptif-induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alumni pesantren Darussholah memainkan peran sebagai sumber daya manusia di perguruan tinggi yang berada di bawah naungan pesantren tersebut. Motivasi peran alumni adalah pola kepemimpinan dan pengasuhan kiai terhadap santri, dan sentralisasi pesantren sebagai pusat kegiatan santri dan masyarakat, terutama di bidang pendidikan dan dakwah Islam. Peran tersebut membawa manfaat yang begitu besar dan siginifikan. Perkembangan dan kemajuan perguruan tinggi di pesantren Darussholah, baik dari segi pembangunan fisik maupun manajemen SDM, disebabkan oleh kontribusi dan peran alumni. Hal tersebut, ditunjukkan dengan tiga hal; pertama, ketersediaan SDM; kedua, pembangunan dan ketersediaan sarana dan prasarana; dan ketiga, terjalin relasi dan kerjasama antar sejumlah pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Rohasibrohasibmaulana@gmail.com02040820058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, AliUNSPECIFIED196311161989031003
Thesis advisorHurriyah, LilikUNSPECIFIED198002102011012005
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Peran; alumni; pengembangan; Pesantren Darussholah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohasib Maulana
Date Deposited: 07 Feb 2024 12:37
Last Modified: 07 Feb 2024 12:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68409

Actions (login required)

View Item View Item