Pengaruh kemudahan, keamanan dan religiusitas terhadap minat menggunakan bank digital syariah pada generasi Z di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muharromah, Gabriele Lailatul (2023) Pengaruh kemudahan, keamanan dan religiusitas terhadap minat menggunakan bank digital syariah pada generasi Z di Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gabriele Lailatul Muharromah_02040321012 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Gabriele Lailatul Muharromah_02040321012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Saat ini, dunia perbankan mulai melakukan inovasi dan menggabungkan teknologi terbaru untuk membentuk bank digital. Bank digital adalah bank yang operasinya dilakukan secara online melalui aplikasi dan hanya memiliki kantor pusat. Di Indonesia, bank digital semakin populer, dan saat ini juga muncul bank digital berbasis syariah. Namun, jika dibandingkan dengan bank digital non-syariah, kemajuan bank digital syariah masih lebih lambat. Bank digital syariah dapat memanfaatkan Gen Z, yang terbiasa dengan teknologi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel kemudahan, keamanan, dan religiuisitas berpengaruh secara parsial dan simultan pada keinginan generasi Z untuk menggunakan bank digital syariah di Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan tipe penelitian hubungan sebab akibat. Data penelitian diperoleh menggunakan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner yang disebarkan secara daring melalui media google form. Jumlah sampel pada penelitian ini terdiri dari 170 responden dan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria responden berusia 17-26 tahun, berdomisili di Surabaya dan belum pernah menggunakan bank digital syariah. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan bank digital syariah. Variabel keamanan juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan bank digital syariah. Namun variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan bank digital syariah. Secara simultan variabel kemudahan, keamanan dan religiusitas berpengaruh terhadap minat menggunakan bank digital syariah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi pihak bank digital syariah untuk meningkatkan layanan yang semakin mempermudah nasabah salah satunya yakni dengan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak seperti convenience store, marketplace dan lain sebagainya. Bank digital syariah juga perlu menjaga dan meningkatkan sistem keamanannya untuk menjaga data dan uang nasabah agar tetap terjamin keamanannya. Peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel penunjang yang lain agar penelitian mengenai minat menggunakan bank digital syariah dapat berkembang lebih luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muharromah, Gabriele Lailatul02040321012@student.uinsby.ac.id02040321012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofa@uinsby.ac.id2030107702
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id198106062009012008
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Keywords: Religiusitas; bank digital syariah; generasi Z
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Gabriele Lailatul Muharromah
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:53
Last Modified: 12 Feb 2024 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68416

Actions (login required)

View Item View Item