Analisis implementasi Sharia Compliance dalam operasional Hotel Namira Syariah di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Randhi, Achmadi (2023) Analisis implementasi Sharia Compliance dalam operasional Hotel Namira Syariah di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Randhi Achmadi_G74219084 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Achmad Randhi Achmadi_G74219084 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya ekonomi syariah, banyaknya bisnis yang menggunakan label syariah, seperti bisnis perhotelan syariah, dan kebutuhan yang tinggi dari pasar wisatawan muslim maupun luar negeri akan jasa akomodasi, namun masih banyak hotel syariah yang belum benarbenar menerapkan prinsip syariah. Kepatuhan syariah menjadi sangat dibutuhkan untuk tetap mempertahankan, serta mengembangkan kualitas dan penerapan prinsip syariah dalam bisnis perhotelan syariah. Hotel Namira Syariah Surabaya sebagai salah satu bisnis perhotelan dengan konsep syariah atas beberapa dasar alasan. Seperti untuk menegakkan aturan Islam dengan menggunakan label syariah dan mengurangi stigma masyarakat pada bisnis perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) bersifat kulitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi sharia compliance (kepatuhan syariah) berdasarkan Fatwa DSN MUI no.108/DSN-MUI/X/2016 dalam operasional Hotel Namira Syariah Surabaya, menggunakan sumber data primer dan data sekunder yang selanjutnya dianalisis antara teori yang diangkat dengan data yang diperoleh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini meliputi General Manager, HRD, Sales & Marketing Manager, pengunjung Hotel Namira Syariah Surabaya. Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa; Pertama, operasional yang diterapkan oleh manajemen Hotel Namira Syariah Surabaya sudah sesuai dengan prinsip syariah, namun dari aspek legalitas belum mendapat sertifikat usaha hotel syariah dan masih dalam proses memperpanjang sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, serta belum mendapat pengawasan dari Dewan Pengawas Syariah (DPS). Kedua, implementasi sharia compliance dalam operasional Hotel Namira Syariah Surabaya belum dapat dikatakan sesuai dengan Fatwa DSN MUI No.108/DSN-MUI/X/2016, dikarenakan sertifikasi halal dari MUI sudah tidak berlaku dan masih dalam tahap proses memperpanjang sebab terkendala saat pandemi Covid-19. Dalam penelitian dapat memberikan masukan bagi pihak manajemen Hotel Namira Syariah Surabaya untuk segera mengajukan sertifikasi kepada MUI untuk mendapat sertifikat usaha hotel syariah dan memperpanjang sertifikat halal, serta menambahkan DPS pada segi organisasi perusahaan untuk penentu implementasi sharia compliance (kepatuhan syariah) dalam kegiatan operasional hotel. Penelitian ini juga memberikan saran untuk konsumen agar dapat membedakan hotel berbasis syariah atau tidak agar tidak salah memilih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Randhi, Achmadiranrnd05@gmail.comG74219084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLilik, Rahmawatililikrahmawati@uinsby.ac.id19816062009012008
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Manajemen
Keywords: Hotel Syariah; kepatuhan syariah; bisnis syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Achmad Randhi Achmadi
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:43
Last Modified: 12 Feb 2024 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68432

Actions (login required)

View Item View Item